Jawa Pos

Jam Tangan Mewah Hasil Perkawinan Balap Sepeda dan F1

-

SUDAH banyak sekali jam tangan mahal yang dirancang khusus untuk para pencinta Formula 1. Jadi, kenapa tidak, menciptaka­n satu jam tangan untuk penggila olahraga bersepeda?

Produsen jam Richard Mille berkolabor­asi dengan legenda F1 yang berganti haluan menjadi pembalap sepeda, Alain Prost, menciptaka­n RM 70-01 Tourbillon. Sebuah jam mekanis yang dirancang khusus untuk kebutuhan cyclist. Jam ini menggabung­kan cita rasa mobil balap dan aksen sepeda.

Menurut Richard Mille, RM 70-01 adalah produk terbaru yang dirancang khusus untuk satu segmen olahraga. RM 70-01 memiliki bentuk ganjil asimetris. Bentuk asimetris, ditambah kerapian dalam pengerjaan­nya, membuat jam ini nyaman dipakai saat pergelanga­n tangan mendapat tekanan di atas handle bar. Untuk alasan ini, RM 70-01 hanya ada versi ’’tangan kiri’’ untuk dipakai di tangan kanan. Tujuannya, agar panel pemutar jarum jam tidak menekan punggung tangan saat riding.

Tapi, yang paling keren adalah penghitung jarak tempuh mekanikal. Fitur ini terinspira­si pemindah gigi percepatan yang dilengkapi spidometer. Mampu merekam jarak tempuh hingga 99.999 kilometer. Penggerakn­ya adalah ketika jarum jam melewati pukul 2 dan 11.

Untuk menambah estetika, tali jam dibuat dari satin. Kemudian, pengunciny­a diberi sentuhan akhir dengan hand-polished. Penghitung jarak tempuh ditanami safir. Semua kemewahan itu dibungkus dalam kontak pelindung dari bahan komposit yang disebut Carbon TPT. RM 70-01 Tourbillon Alain Prost hanya dibuat terbatas 30 unit. Harganya USD 815 ribu atau sekitar Rp 11 miliar. (cak/c17/nur)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia