Jawa Pos

Suporter Mengancam, Suporter Terancam

-

INSIDEN tendangan kungfu Patrice Evra ke fans Olympique Marseille (3/11) berbuntut panjang. Kemarin suporter yang menjadi korban terjangan Evra itu mengancam akan menghakimi bek 36 tahun tersebut. Fans yang dirahasiak­an namanya itu akan mengajak The Fanatics alias Ultras Marseille yang biasa mendiami tribun utara Stadion Velodrome, kandang Marseille.

’’Evra harus mendapat sanksi. Kalau tidak, kami memiliki cara tersendiri dengan melaporkan dia ke pimpinan (pentolan The Fanatics, Red),’’ ujar suporter tersebut sebagaiman­a dilansir L’Equipe. ’’Dia bahkan tidak meminta maaf dan itulah yang membuat semua marah. Ini sangat serius. Dia seharusnya sudah tidak lagi menjadi bagian Marseille dan sepak bola,’’ lanjutnya kepada Mirror.

Permintaan itu seolah didengar petinggi Marseille. Buktinya, kemarin Presiden Marseille Jacques-Henri Eyraud secara khusus menemui Evra. Kabarnya, untuk meredam amuk suporter, mereka akan memberikan sanksi kepada Evra. Tetapi, suporter yang memancing keributan juga bakal mendapat sanksi.

’’Hasil pertama dari penyelidik­an internal yang dilakukan Marseille mengungkap­kan bahwa perilaku suporter tidak bisa diterima.’’ Demikian pernyataan kubu Marseille di situs resmi mereka. ’’Mereka telah mengucapka­n hinaan terhadap pemain tersebut (Evra, Red). Padahal, dia dan rekan timnya sedang melakukan pemanasan untuk pertanding­an penting,’’ lanjutnya.

Eks rekan Evra saat di AS Monaco Jerome Rothen mengatakan bahwa memang perbuatan Evra sangat mungkin berujung sanksi berat. Suporter juga bisa menerima sanksi. ’’Akan jatuh hukuman yang sangat berat dari UEFA. Kemudian, ada suasana yang sangat buruk di Marseille. Anda tahu solidarita­s di antara suporter sangat besar,’’ kata Rothen kepada RMC. ’’Meski ada seorang suporter yang menghabisk­an seluruh waktunya untuk menghina pemain yang tidak bagus, namun dengan tendangan tersebut, solidarita­s tetap ada dan akan sulit baginya (Evra, Red),’’ papar pemain yang membela Monaco saat menjadi runner-up Liga Champions 2003–2004 itu. (io/c4/bas)

 ?? BORIS HORVAT/AFP PHOTO ?? CONTOH BURUK: Kaus bergambar aksi Patrice Evra menendang suporter mulai dijual di Marseille kemarin.
BORIS HORVAT/AFP PHOTO CONTOH BURUK: Kaus bergambar aksi Patrice Evra menendang suporter mulai dijual di Marseille kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia