Jawa Pos

El Clasico Pertama 23 Desember

-

PADATNYA jadwal Real Madrid bulan depan berimbas pada agenda laga El Clasico. Awalnya, duel klasik melawan Barcelona itu berlangsun­g 20 Desember mendatang di Santiago Bernabeu. Namun, jadwal tersebut diubah menjadi 23 Desember.

Salah satu pemicunya, Real harus tampil di Piala Dunia Antarklub pada awal Desember. Agenda yang dihelat di Abu Dhabi itu berlangsun­g pada 6–16 Desember. Dan, El Clasico jilid pertama nanti adalah pertanding­an terakhir sebelum memasuki break musim dingin. ’’ Kickoff pada laga itu dilakukan pukul 13.00 (waktu setempat),’’ kata Presiden La Liga Javier Tebas kepada ESPN.

Artinya, El Clasico akan berlangsun­g pukul 19.00 WIB. Kebijakan tersebut diambil La Liga untuk kian memanjakan penggemar di benua Asia sekaligus meningkatk­an rating di televisi.

Sebelumnya, ada wacana bahwa El Clasico batal terlaksana. Hal itu merupakan imbas dari pihak Barca yang ingin pertanding­an La Liga musim ini berlangsun­g tanpa penonton. Itu berkaitan de- ngan referendum mengenai masa depan Catalunya.

Namun, ancaman untuk itu tetap ada. Meski pertanding­an baru-baru ini, yaitu Atletico Madrid yang menjamu Barcelona (14/10) dan Real Madrid yang away ke tim Girona (29/10), mampu terlaksana tanpa masalah. Padahal, laga tersebut berlangsun­g saat situasi politik memanas.

Bukan hanya El Clasico. Laga di jornada ke-17 lainnya yang digelar pada 19–23 Desember juga bakal direvisi. ’’Jadwal resmi sudah dirilis dan akan dilangsung­kan tepat waktu,’’ ujar Tebas. (io/c18/bas)

 ?? CURTO DE LA TORRE/AFP PHOTO ?? REVISI: Sergio Ramos (kiri) mengawal Lionel Messi pada leg kedua Piala Super Spanyol (16/8).
CURTO DE LA TORRE/AFP PHOTO REVISI: Sergio Ramos (kiri) mengawal Lionel Messi pada leg kedua Piala Super Spanyol (16/8).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia