Jawa Pos

Terbelit Badai Cedera

-

VERONA – Napoli memang belum tersentuh kekalahan hingga kesebelas Serie A. Namun, jangan dulu menjagokan mereka sebagai peraih Kompetisi masih sangat panjang. Napoli bisa saja terjegal. Dan, itu bisa terjadi pada pekan ke- 12 hari ini. GIORNATA ke-12 Serie A bertepatan dengan momen istimewa Juventus. Yakni, perayaan ke-120. Klub berjuluk Nyonya Tua itu lahir pada 1 November 1897. Begitu spesialnya momen tersebut, Juve pantang kecolongan saat menjamu klub juru kunci Benevento. ’’Jangan ada satu poin pun yang meleset,’’ tegas pelatih Juve Massimilia­no Allegri sebagaiman­a dikutip Namun, Juve tidak selalu mulus dalam perayaan Ingat ketika Nyonya Tua merayakan ulang tahun ke-110 pada musim 2007–2008? Juve yang kala itu dibesut pelatih Claudio Ranieri gagal memberikan kado ulang tahun karena ditahan Inter Milan 1-1 pada pekan ke-11. Allegri tak ingin bernasib sama seperti Ranieri. Dia mengingatk­an pasukannya untuk tetap fokus meski menjamu tim dari dasar kla-

Beberapa penggawa Partenopei – julukan Napoli– ambruk seiring dengan ketatnya jadwal bertanding di ajang domestik dan Eropa. Setelah Arkadiusz Milik yang masih berkutat dengan pemulihan cedera ligamen, giliran bek Faouzi Ghoulam yang menepi setidaknya dalam 90 hari ke depan. Sama dengan Milik, bek asal Prancis itu juga cedera ligamen dan menjalani operasi kemarin.

’’Operasi ligamen lutut kanan Ghoulam berjalan sukses di tangan Profesor Mariani di klinik Villa Stuart, Roma. Dibutuhkan minimal 90 hari untuk dia bisa pulih dari cedera tersebut.’’ Demikian pernyataan resmi Napoli seba

gaimana dilansir dari Kiper Pepe Reina juga diragukan bisa tampil melawan Chie- 29 2 292 9 semen. ’’Masih ada faktor berbahaya di hadapan kami,’’ katanya.

Di atas kertas, Juve unggul segalanya dari Benevento yang belum sekalipun menang dalam debut di Serie A. Di sisi lain, sejak kalah 1- 2 melawan Lazio ( 14/ 10), Juve se lalu menang dengan margin di atas dua gol. Dalam tiga laga terakhir Serie A, Gianluigi Buffon dkk mencetak 12 gol.

Dengan tren Benevento yang sering jadi bulanbulan­an, tak ada alasan bagi Juve untuk tidak berpesta. Pekan lalu (29/10), Benevento dihajar Lazio 1-5. ’’Itu momentum bagi kami agar tidak semakin tertinggal,’’ kata Allegri.

Laga tersebut juga spesial bagi penyerang Juve Gonzalo Higuain. Kalau dimainkan, itu adalah pertanding­an ke-50 striker yang berjuluk El Pipita tersebut bersama Juve sejak didatangka­n dari Napoli musim lalu. (ren/c22/ca) 5 12 121 40 404 19 8 vo Verona malam ini. Penjaga gawang asal Spanyol itu tengah mengalami masalah di punggung meski tidak parah. Yang paling merugikan bagi Napoli adalah cederanya Dries Mertens. Attimnas Belgia itu sejatinya tengah on fire. Musim ini, dalam 16 laga di semua ajang, Mertens mencetak 12 gol.

Absennya beberapa pilar itu sudah pasti mengancam Napoli. Memang, mereka selalu menang dalam dua laga terakhir setelah ditahan imbang tanpa gol oleh Inter Milan (22/10). Namun, pertahanan Napoli mengkhawat­irkan. Mereka kebobolan tiga gol. Itu terjadi saat menang 3-2 kontra Genoa (26/10) dan 3-1 vs Sassuolo ( 29/ 10). Catatan negatif itu belum termasuk kekalahan 2-4 saat melawan Manchester City di ajang Liga Champions (2/11).

Kapten Marek Hamsik mengatakan bahwa memang laga melawan City sangat menyulitka­n. Meski bermain di kandang sendiri, Napoli toh akhirnya harus mengakui ketangguha­n sang tamu. ’’Ada beberapa detail kecil yang harus kami sempurnaka­n untuk laga selanjutny­a. Kami akan bertempur hingga batas akhir tim ini dan masih ada kans untuk berbenah,’’ kata gelandang timnas Slovakia itu.

Kritik juga disampaika­n oleh pelatih senior Luigi Cagni. Menurut dia, allenatore Napoli Maurizio Sarri terlalu banyak melayangka­n komplain bila timnya tidak meraih hasil yang diinginkan­nya. Padahal, seharusnya Sarri berfokus membenahi performa Hamsik dkk.

’’Jika Sarri melatih tim papan atas seperti Napoli, dia harus memperbaik­i permasalah­an yang ada sekarang. Dia harus menyesuaik­an diri dengan peraturan daripada selalu mengeluh tentang hal-hal lama yang sama. Saat kalah, dia selalu menemukan alasan,’’ ucap pria 67 tahun itu. (io/c4/ca)

 ?? CIRO DE LUCA REUTERS ?? Sky Italia. anniversar­y anniversar­y. nata detto. giorscuFoo­tball Italia. tacante
CIRO DE LUCA REUTERS Sky Italia. anniversar­y anniversar­y. nata detto. giorscuFoo­tball Italia. tacante
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia