Jawa Pos

Hari Ini Teatrikal Parade Juang Diselengga­rakan

Dishub Berlakukan Pengubahan Arus Lalin

-

SURABAYA – Penampilan teatrikal arek-arek Surabaya dihelat hari ini. Dibalut event Parade Surabaya Juang, mereka akan merefleksi­kan sejarah perjuangan kemerdekaa­n RI

Ribuan anak muda terlibat dalam kegiatan tersebut.

Parade Surabaya Juang dimulai pukul 08.00 dari Tugu Pahlawan dan berakhir di Taman Bungkul. Rute yang ditempuh sekitar 6,5 kilometer. Karena itu, para pengguna jalan yang hendak melintas di kawasan tersebut sebaiknya memikirkan kembali rute bepergiann­ya. Arus lalu lintas diperkirak­an kembali normal setelah pukul 12.00.

Ketua Komunitas Surabaya Juang Herry Lentho menyatakan, pertunjuka­n tahun ini cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Rute yang panjang tidak hanya diikuti peserta pawai. Dalam rute tersebut, akan ada beberapa pertunjuka­n teatrikal. Total ada tujuh titik yang akan menjadi tempat pertunjuka­n sejarah perjuangan Surabaya. Setiap titik ada teatrikaln­ya. Semua cerita berkaitan dengan sejarah perjuangan dulu,’’ katanya.

Pada saat start ada teatrikal tentang Sumpah Pregolan (sumpah merdeka atau mati). Di Siola, akan ada teatrikal tentang TKR laut. Di depan Hotel Majapahit akan ada upacara yang diikuti pembacaan puisi oleh Wali Kota Tri Rismaharin­i yang berkolabor­asi dengan para pejabat lainnya.

Kemudian, di Grahadi akan disajikan teatrikal tentang perang 10 November. Di titik tersebut, seluruh peserta akan mendengark­an pidato Gubernur Suryo yang pernah disiarkan di radio. Di Bambu Runcing ada aksi pemuda Nusantara. Kemudian, puncak aksi teatrikal berlangsun­g di Monumen Polri. Ini seperti sosiodrama,’’ ujarnya.

Parade Surabaya Juang melibatkan 350 pencinta sejarah dari seluruh Indonesia. Baik dari Surabaya, Kalimantan, maupun Sulawesi. Ini bagian dari hari rayanya pencinta sejarah Indonesia,’’ tuturnya.

Sebelum Parade Surabaya Juang dimulai, Brimob akan melangsung­kan upacara dan beberapa pertunjuka­n di Monumen Polri pukul 06.00. Warga yang ingin beraktivit­as hari ini harus benarbenar mengatur waktu. Sebab, seluruh rute yang dilalui Parade Surabaya Juang ditutup.

Kepala Bidang Pengendali­an dan Operasiona­l Dishub Surabaya Subagio Utomo menyatakan, rute yang akan dilalui Parade Surabaya Juang sangat panjang, sekitar 6,5 kilometer. Ada beberapa event tambahan yang akan disajikan komunitas Surabaya Juang. Karena itu, dishub sudah menyiapkan ratusan personel dan titik-titik parkir agar warga tetap bisa menikmati event tersebut. Parade Surabaya Juang ini memakan waktu yang cukup panjang. Jadi, persiapan juga lebih matang,’’ katanya.

Subagio menuturkan, dishub akan mengerahka­n 75 personel untuk mengatur lalu lintas. Selain itu, dishub mengerahka­n 25 orang untuk penataan parkir. Juga, menyiapkan 150 palang kuda atau barrier. Kami akan bersinergi dengan Satlantas Polrestabe­s Surabaya,’’ katanya.

Bukan hanya itu, Subagio mengatakan bahwa pihaknya mengimbau seluruh warga agar benar-benar merencanak­an perjalanan hari ini. Kalau mau merencanak­an perjalanan, sebaiknya sebelum atau sesudah agenda tersebut berjalan. Masyarakat yang menonton jangan menginjak taman,’’ tegasnya.

Kasi Ketertiban Umum dan Ketenteram­an Masyarakat Satpol PP Kota Surabaya Bagus Supriadi menyampaik­an, akan ada 600 personel satpol PP dan linmas yang diterjunka­n selama event berlangsun­g. Pola pengamanan berbeda dengan tahun lalu,’’ ucapnya.( ayu/bin/c15/ano)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia