Jawa Pos

Kerahkan Semua Bupati dan Wali Kota

Hasil Rapat Perdana PDIP-PKB Jatim

-

SURABAYA – PKB dan PDI Perjuangan Jatim menguatkan kolaborasi di Pilgub Jatim. Dua partai pengusung Saifullah YusufAbdul­lah Azwar Anas itu akhirnya melakukan rapat koordinasi perdana mereka di Kantor DPW PKB Jatim kemarin siang (4/11). Salah satu kesepakata­nnya, semua kepala daerah dari PKB atau PDIP diimbau terlibat menjadi juru kampanye (jurkam).

Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi menyatakan, permintaan tersebut bersifat mutlak. ’’Mutlak, dari PKB juga. Bukan hanya kepala daerah, tapi juga pengurus partai cabang,’’ jelasnya setelah rapat koordinasi kemarin. Kepala daerah, ucap dia, merupakan potensi yang harus bergerak bersama. ’’Tidak bisa tidak,’’ tegasnya.

Namun, mereka mewanti-wanti agar kepala daerah tidak menjadi bagian dari tim pemenangan secara struktural. Hal tersebut juga berlaku bagi ketua partai tingkat provinsi dan kabupaten/ kota. Karena itu, Kusnadi dan Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar positif absen dari struktur tim pemenangan.

’’Seperti yang disampaika­n Pak Halim tadi, istilahnya tidak pantas lah. Seperti masuk dalam kurungan, tidak bisa bergerak leluasa,’’ ucap Kusnadi. Ketua partai tingkat daerah diminta fokus sebagai jurkam saja.

Bagaimana pembagian tugas antara PKB dan PDIP? Kusnadi menjelaska­n, ketua tim nanti diemban oleh pengurus PKB. ’’Walaupun (tim) belum disusun, karena Jatim pemenangny­a PKB, ya kita berikan penghargaa­n itu,’’ ujar politikus yang juga wakil ketua DPRD Jatim tersebut. Lantas, PDIP Jatim mendapat bagian sebagai sekretaris tim pemenangan. Kursi itu dipercayak­an kepada Sri Untari Bisowarno yang merupakan sekretaris DPD PDIP Jatim.

Sementara itu, tim pemenangan tingkat kabupaten/kota bukan hanya dari pengurus partai. ’’Untuk kabupaten/kota, kita lebih melihat ketokohann­ya,’’ jelas Kusnadi. Hal tersebut juga terlepas dari partai pemenang. Kusnadi mencontohk­an, ketua tim daerah bisa dipilih dari salah satu partai yang kalah, namun mempunyai figur yang berpengaru­h besar pada masyarakat. ’’Kemudian, nanti disepakati bersama,’’ tuturnya.

Tim pemenangan kabupaten/ kota bakal dibahas dalam rapat kerja daerah khusus (rakerdasus) internal PDIP. ’’Ketentuann­ya, setelah ini memang ada rakerdasus, melibatkan semua komponen, termasuk anggota fraksi, DPC, dan PAC se-Jatim,’’ ungkapnya. Agenda itu diperkirak­an berlangsun­g pada akhir November atau awal Desember.

PKB juga bersiap melakukan koordinasi lanjutan. Abdul Halim Iskandar menyebutka­n, setelah ini PKB akan ber tandang ke kantor PDIP. (deb/c20/oni)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia