Jawa Pos

Andalkan Gaun Mewah Daur Ulang

Road Show SGC di Surabaya Utara

-

SURABAYA – Road show Surabaya Green and Clean (SGC) 2017 kembali berlanjut. Kemarin (4/11) giliran wilayah Surabaya Utara yang merasakan kehebohan acara tersebut. Enam kecamatan beradu aksi untuk meraih juara dalam event yang digelar Jawa Pos bersama pemkot serta didukung Emco dan MPM Distributo­r (Honda) itu.

Road show diadakan di Jalan Kelasi, Kelurahan Krembangan Utara. Deretan produk UKM jadi suguhan di sepanjang jalan menuju lokasi acara. Berbagai jajanan ikut dipamerkan. Semua merupakan produk warga Kelurahan Krembangan Utara.

Ada dua lomba yang dihelat. Yakni, lomba yel-yel dan orasi lingkungan oleh karang taruna peduli lingkungan (KTPL). Hadiah khusus disiapkan untuk penampil terbaik.

Paduan khas sampah plastik dari berbagai macam produk tetap jadi kostum utama. Tapi, ada yang berbeda. Bak parade festival budaya, para delegasi dari tiap-tiap kecamatan menonjolka­n warna cerah dengan kreasi mewah. Barang-barang bekas itu dikemas jadi gaun indah. Tidak kalah dengan karya para desainer ternama. Botol plastik dan kresek dipadukan membentuk mahkota indah. Dari jauh tidak tampak bahwa bahan dasar mahkota itu adalah barang bekas.

Tepat pukul 15.00, setiap tim dari enam kecamatan mulai bersiap. Yel-yel unggulan mereka tunjukkan di hadapan warga dan juri. Tim dari Kecamatan Krembangan tampil pertama. Rok kresek dengan bungabunga kecil dari plastik sachet minuman jadi hiasan utama. Dengan iringan musik, mereka bergoyang sambil menyanyika­n lirik lagu bertema lingkungan.

Empat dari enam kelompok yang menampilka­n yel-yel membawakan lagu yang sama. Judulnya Jaran Goyang. Lagu yang lagi hit dan irama yang energik ternyata jadi alasan banyak tim menggunaka­n lagu itu.

Road show tersebut memang bertujuan untuk menyemanga­ti tim yang akan masuk penjurian tahap kedua. Dari road show itu, bisa terlihat kesiapan tiap-tiap wilayah. ’’ Yel-yel dan kostumnya bagus-bagus. Artinya, mereka siap untuk menghadapi penjurian,’’ ujar Sekretaris Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya Aditya Wasita. Penjurian kedua akan berlangsun­g mulai 13 November. Tiap-tiap kampung sudah mendapatka­n insentif sebesar Rp 1,5 juta, dipotong pajak.

Adi Candra, motivator lingkungan DKRTH, mengungkap­kan bahwa banyak kabupaten dan kota lain yang ingin mengadopsi SGC. ’’Terakhir minggu lalu dari Kabupaten Asahan dan Magelang yang tertarik dengan SGC,’’ katanya.

Menurut dia, SGC adalah program yang berjalan berkelanju­tan, 13 tahun tanpa berhenti sekali pun. Karena itu, dampak yang dirasakan bisa berbeda dengan event lain di Surabaya. (gal/c17/oni)

 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? GEMBIRA BERSAMA: Peserta lomba yel-yel asyik joget bersama saat hiburan musik dalam road show SGC di Jalan Kelasi, Krembangan Utara, kemarin.
GALIH COKRO/JAWA POS GEMBIRA BERSAMA: Peserta lomba yel-yel asyik joget bersama saat hiburan musik dalam road show SGC di Jalan Kelasi, Krembangan Utara, kemarin.
 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? BERNILAI SENI: Mahkota daun mempercant­ik kostum perwakilan Kecamatan Semampir.
GALIH COKRO/JAWA POS BERNILAI SENI: Mahkota daun mempercant­ik kostum perwakilan Kecamatan Semampir.
 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? MODIS: Perwakilan Kecamatan Morokremba­ngan tampil energik.
GALIH COKRO/JAWA POS MODIS: Perwakilan Kecamatan Morokremba­ngan tampil energik.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia