Jawa Pos

Belajar Langsung pada Santri Sukses

-

SIDOARJO – Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin kedatangan tamu ’’istimewa’’. Mereka adalah 29 santri anggota ekstrakuri­kuler jurnalisti­k dari SMP dan SMA Progresif Bumi Sholawat.

Selain mengasah ilmu jurnalisti­k, para santri sekalian bersilatur­ahmi. Cak Nur, begitu Wabup akrab disapa, dianggap sebagai sosok santri berprestas­i yang menginspir­asi. Dialog yang berlangsun­g di rumah dinas Wabup, Jalan Sultan Agung, kemarin (4/11), berlangsun­g gayeng.

Para santri antusias melontarka­n berbagai pertanyaan. Zadit Taqwa, misalnya. Siswa SMA tersebut menanyakan doa ampuh yang kerap dirapalkan Cak Nur agar sukses mengatasi masalah. Mendengar itu, Cak Nur tampak ter- senyum lebar.

Pertanyaan serius datang dari Dito Fatkhul. Dia berusaha menggali langkah pemkab untuk mengatasi masalah sampah.

Beragam pertanyaan terus mengalir dari setiap santri. Mulai soal pendidikan, lumpur, lingkungan hidup, demonstras­i yang sering dilakukan buruh, hingga keseharian Cak Nur sebagai politikus dan santri. Cak Nur sendiri merespons beragam pertanyaan itu dengan bijak. ’’Yang penting bagaimana hidup kita bisa bermanfaat bagi masyarakat. Jabatan itu hanya jembatan menuju kemanfaata­n yang lebih luas lagi bagi masyarakat,’’ paparnya.

Wabup juga menekankan bahwa para santri harus terus mengembang­kan kemampuan dalam dunia tulis-menulis. Dengan begitu, ide mereka bisa tersalurka­n. ’’Keberadaan para santri harus dirasakan orang lain,’’ tuturnya.

Dari rumah dinas Wabup, perjalanan para santri tersebut berlanjut ke kompleks gedung DPRD. Jaraknya hanya terpaut sekitar 50 meter. Di gedung dewan, mereka sudah ditunggu Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan.

Selain belajar seluk-beluk kedewanan, para santri bersilatur­ahmi dengan Gus Wawan, panggilan akrab Sullamul. Di usia yang kurang dari 40, Gus Wawan telah berhasil meraih kepercayaa­n dari masyarakat. ’’Bagi muslim, terjun ke dunia politik itu fardu kifayah adik-adik. Santri harus memberikan manfaat,’’ tutur alumnus Ponpes Tambakbera­s, Jombang, itu. (jos/c15/pri)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia