Jawa Pos

Sembilan Puskesmas Jalani Akreditasi Besok

-

GRESIK – Sejumlah puskesmas telah melakukan pembenahan untuk menghadapi survei akreditasi besok (6/11). Tim akreditasi pusat akan melakukan kunjungan ke sembilan puskesmas. Yakni, Puskesmas Panceng, Ujungpangk­ah, Mentaras, Sembayat, Manyar, Kepatihan, Dapet, Driyorejo, dan Wringinano­m.

”Pendamping­an masih terus dilakukan,” ujar pendamping akreditasi puskesmas dr Ummi Khoiroh kemarin (4/11). Dokter yang menjabat Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik itu menyatakan, penilaian dipriorita­skan untuk kecamatan yang belum memiliki puskesmas terakredit­asi. Berdasar peraturan Kementeria­n Kesehatan, dalam satu kecamatan, minimal ada satu puskesmas yang sudah terakredit­asi.

Misalnya, Kecamatan Manyar. Di wilayah tersebut terdapat Puskesmas Manyar dan Sukomulyo yang menjadi jujukan warga berobat. Namun, baru Puskesmas Sukomulyo yang sudah terakredit­asi. Berbeda lagi Kecamatan Driyorejo. Kecamatan yang berbatasan dengan Surabaya itu juga memiliki dua puskesmas. Yakni, Driyorejo dan Karangando­ng. Namun, keduanya belum terakredit­asi.

Ummi menyatakan, pendamping­an yang dilakukan sudah mencapai tahap akhir. Persentase kesiapan puskesmas sudah 100 persen. Mulai administra­si, pelayanan klinis, hingga upaya kesehatan masyarakat. ” Tiga poin itu yang akan jadi pokok penilaian,” ucapnya.

Menurut Ummi, akreditasi dilakukan untuk membenahi pelayanan di puskesmas. Namun, bukan berarti pelayanan selama ini tidak bagus. ”Akreditasi agar pelayanan lebih baik lagi,” katanya.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes drg Hari Tutik Rahayu menyatakan, akreditasi menjadi kebutuhan setiap puskesmas. Sebab, akreditasi sekaligus meningkatk­an standar pelayanan kesehatan. ( adi/c20/dio)

 ?? ADI WIJAYA/JAWA POS ??
ADI WIJAYA/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia