Jawa Pos

Foto Oldig Rizieq Shihab Menggeland­ang

-

SEBUAH foto pengemis perempuan yang sedang meminta-minta di jalanan diedit orang-orang iseng. Dengan teknik olah digital (oldig) yang sangat kasar, wajah perempuan tua tersebut diganti dengan foto Habib Rizieq Shihab. Pimpinan ormas Front Pembela Islam (FPI) itu disebut menggeland­ang di Arab Saudi. Foto editan Rizieq itu digunakan blog iddetik-news.blogspot.com. Blog tersebut dibuat menyerupai portal berita detik. Mulai header sampai ikonnya. Pada 5 November 2017 blog

itu membuat artikel berjudul Innalillah, Habib Rizieq Dikabarkan Menggeland­ang di Saudi Arabia.

Namun, kalau dibaca secara lengkap, sama sekali tidak ada penjelasan yang menyebutka­n Rizieq menggeland­ang di Arab Saudi. Yang ada hanya informasi dari seseorang bernama Adi Setiawan. Menurut artikel itu, Adi Setiawan menyampaik­an kabar ke Dutaislam.com bahwa Rizieq mendapatka­n larangan ceramah dari jamaah Indonesia yang ada di Arab Saudi.

Adi juga menyebut Rizieq yang awalnya dipersilak­an mengisi ceramah di tempat

ngaji Sayyid Muhammad Alwi Al Maliki akhirnya mendapatka­n larangan. Itu terjadi setelah ada jamaah dari Indonesia yang menceritak­an soal status HRS sebagai buron aparat keamanan. ”Ceramahnya yang mengumbar kebencian kepada sesama umat Islam di sana tidak mendapatka­n simpati,” kata Adi seperti diunggah blog id-detik-news. Artikel dari blog id-detik-news itu memang copy paste dari situs Duta Islam.

Blog id-detik-news juga bukan sekali ini membuat kabar abal-abal. Jawa Pos pernah membongkar keculasan blog itu dalam membuat informasi sesat ketika menurunkan tulisan soal vonis kasus Jonru Ginting. Blog tersebut sepertinya sengaja dibuat untuk memicu isu konflik SARA. Beberapa nama tokoh agama dicatut. Misalnya, mereka memasang badge fan page Nasir Al Siddiq. Di bagian sidebar blog itu juga dipasangi banner bertulisan Kristen Chanel (Team Cyber Kristen).

Yang merisaukan, blog-blog tersebut mendulang iklan dengan memunculka­n gambargamb­ar GIF porno. Iklan-iklan itu berasal dari jaringan iklan adnow. Jadi, ketika Anda menemukan link atau mendapatka­n kiriman tautan blog id-detik-news, lebih baik jangan dibuka. Apalagi ketika sedang bersama anak-anak.

Selain blog id-detik-news dan Duta Islam, artikel yang sama diunggah blog infomenia. net dan bersatu.top. Bedanya, pada blog-blog itu tidak terdapat foto editan Rizieq sedang mengemis di jalanan.

Berdasar penelusura­n melalui Google image, foto yang dipakai ternyata foto pengemis perempuan di salah satu sudut di Jakarta. Wajah perempuan tua tersebut diedit menjadi foto wajah Rizieq. Meski artikel itu aneh, masih banyak netizen yang percaya.

Salah satunya akun Facebook Dewi Tan Naya. Dia membagikan berita tentang Rizieq menggeland­ang dengan tambahan komentar nyinyir, ”Sudah kangen sama Habib Rijik nih. Kabarnya dia sedang menggeland­ang di negara Onta he he he.”

Kapitra Ampera, pengacara Rizieq, menyatakan heran dengan munculnya berita itu. Menurut dia, Rizieq dalam kondisi baik-baik saja di Arab Saudi. Tidak ada penolakan ceramah, apalagi sampai menggeland­ang. ”Bukan hanya di Saudi. Di Yaman, beliau juga disambut baik oleh banyak pihak. Saya heran apa itu motif penyebar hoax,” ujar Kapitra melalui sambungan telepon kemarin.

 ?? ILUSTRASI:STRASI: WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
ILUSTRASI:STRASI: WAHYU KOKKANG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia