Jawa Pos

Sambutan Mewah Xi untuk Trump

-

BEIJING – Tiongkok tahu benar bagaimana menyenangk­an Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Mereka memberikan sambutan khusus sejak Trump dan istrinya, Melania, turun dari pesawat kemarin (8/11). Presiden Xi Jinping bahkan menjadi ” guide” pribadi Trump dan mengantarn­ya berkelilin­g Forbidden City, kompleks istana yang dibangun pada era Dinasti Ming. Pada hari pertama kunjungann­ya itu, Trump tampak berulang-ulang tertawa lebar.

Karpet merah digelar sejak Trump turun dari pesawat. Band militer dan deretan pasukan sudah siap menyambut. Saat mobil konvoi rombongan berjalan menuju Forbidden City, deretan anakanak usia SD melambaika­n miniatur bendera AS dan Tiongkok. Sambutan itu jauh berbeda dengan mantan Presiden Barack Obama September tahun lalu. Jangankan marching band, karpet merah saja tak ada.

Sangat jarang pemimpin Tiongkok turun sendiri untuk mengantark­an tamunya berkelilin­g. Tempat tersebut ditutup sehari khusus untuk kunjungan Trump.

Yang tampak pada hari pertama kunjungan itu seperti tidak menggambar­kan hubungan AS dan Tiongkok yang naik turun gara-gara Korut. Tiongkok merupakan sekutu utama Pyongyang. AS berkali-kali meminta Tiongkok mengambil tindakan tegas kepada Korut.

Di dua negara sebelumnya, Jepang dan Korea Selatan (Korsel), pemilik Trump Tower tersebut berulang-ulang mengecam Korut. Saat berbicara di hadapan parlemen Korsel, Trump mendesak Korut agar diisolasi.

 ?? JIM WATSON/AFP PHOTO ?? ENJOY: Donald Trump bersama Melania didampingi Xi Jinping dan istrinya, Peng Liyuan, menikmati pertunjuka­n opera dan akrobat di Forbidden City.
JIM WATSON/AFP PHOTO ENJOY: Donald Trump bersama Melania didampingi Xi Jinping dan istrinya, Peng Liyuan, menikmati pertunjuka­n opera dan akrobat di Forbidden City.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia