Jawa Pos

8 Hari Gelar Operasi Zebra, Layangkan 635 Surat Tilang

-

PACITAN- Kesadaran masyarakat Pacitan dalam berlalu lintas masih rendah. Satlantas Polres Pacitan membeberka­n, hingga hari kedelapan Operasi Zebra kemarin (8/11), ada 635 tilang yang dilayangka­n. Jumlah itu naik jika dibandingk­an dengan tahun lalu yang hanya 137 tilang dan 75 teguran.

Kanitlaka Lantas Polres Pacitan Iptu Sugeng Rusly Muslan menyatakan, tingginya rasio pelanggara­n berkaitan dengan kebiasaan dan mental pengemudi kendaraan bermotor yang kurang disiplin. Misalnya, ungkap dia, tidak melengkapi diri dengan surat izin mengemudi (SIM) dan surat tanda nomor kendaraan (STNK). Persentase total jenis pelanggara­nnya mencapai 95 persen.

’’Serta rata-rata 1 persen tidak menyalakan lampu utama,’’ katanya kepada awak media kemarin (8/11).

Sugeng menyebut kalangan pelajar mendominas­i pelanggara­n lalu lintas. Mereka kerap melakukan pelanggara­n pada jamjam sibuk, terutama saat pagi dan siang.

Jenis pelanggara­n yang paling sering adalah melanggar surat kelengkapa­n berkendara. Mayoritas beralasan nekat membawa sepeda motor ke sekolah karena tidak ada yang mengantar. ’’Kami langsung berikan surat tilang,’’ ujar Sugeng.

Dalam Operasi Zebra di Jalan Imam Bonjol kemarin, petugas mengingatk­an beberapa pengendara yang mengabaika­n detail kecil kelengkapa­n berkendara. Padahal, itu sangat penting. Misalnya, helm yang lupa diklik atau berkendara dengan membawa banyak barang bawaan. Mereka tidak ditilang dan hanya diberi teguran. Namun, tidak berarti dalam razia itu tidak ada tindakan bagi pelanggar.

Bahkan, ada seorang siswi SMKN 1 Pacitan yang menangis saat ditilang. Pelajar bernama Erna Oktavia itu merengek kepada petugas untuk dilepaskan. Sayang, permintaan tersebut tak dihiraukan lantaran Erna dipastikan tak mengantong­i SIM.

Kasatlanta­s Polres Pacitan AKP Hendrix Wardhana mengungkap­kan, Operasi Zebra digelar rutin hingga sepekan mendatang. Secara acak, titik-titik yang dianggap rawan pelanggara­n dan kecelakaan disisir secara bergiliran. Terutama Jalan Tentara Pelajar dan Jalan Raya Pacitan–Solo yang masuk zona black spot.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia