Jawa Pos

Grup Y Tunda Sehari

Karena Alasan Keamanan di Cikarang

-

CIKARANG – Perubahan jadwal mendadak kembali terjadi dalam babak 8 besar Liga 2. Meski belum ada keterangan resmi dari PT Liga Indonesia Baru (LIB), Polres Metro Bekasi telah menyatakan tidak bisa mengeluark­an izin pertanding­an di Cikarang pada 10 November.

Otomatis, pertanding­an perdana grup Y antara Persebaya Surabaya versus PSIS Semarang dan PSPS Riau melawan PS Mojokerto Putra yang sedianya dimainkan pada Jumat (10/11) di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, terpaksa ditunda. Adapun di grup X, pertanding­an masih sesuai dengan rencana.

Ya, hari ini pertanding­an perdana babak 8 besar dimulai dengan laga Persis Solo melawan Martapura FC di Stadion Patriot, Bekasi. Kemudian, malamnya dilanjutka­n dengan pertanding­an antara PSMS Medan melawan Kalteng Putra.

Pertanding­an di grup Y tertunda lantaran pihak keamanan menilai kesulitan personel kalau tetap dimainkan pada Jumat (10/11). Sebab, pada hari yang sama akan terjadi demo besarbesar­an buruh di Jakarta. ’’Kami tidak mau gegabah dengan kekuatan yang tidak maksimal untuk menyelengg­arakan pertanding­an,’’ ujar Kasatintel­kam Polres Metro Bekasi AKBP Yuli Haryudo kemarin.

Lantas, Yudo memutuskan memundurka­n jadwal sehari. Artinya, empat kontestan grup Y baru memainkan per tandingan pada Sabtu, 11 November. ’’Ini sebenarnya juga sedikit nekat. Bagaimana lagi, suporter sudah banyak yang datang. Untuk antisipasi pertanding­an harus segera digelar,’’ terangnya.

Itu berarti pertanding­an Persebaya melawan PSIS serta PSPS melawan PSMP tidak jadi digelar Jumat (10/11). Diundur sehari dan akan dimainkan sehari setelahnya. ’’Pertanding­an kedua dan ketiga lihat hasil pertanding­an pertama ini. Kalau aman dan lancar, kemungkina­n jadwal akan tetap,’’ lanjut Yudo.

Uniknya, keputusan itu baru muncul setelah kemarin perwakilan Persebaya, Bonek Cikarang, PSSI, dan PT LIB bertemu dengan Yudo. Pertemuan yang sebenarnya membahas pengamanan suporter selama penyelengg­araan babak 8 besar itu akhirnya menyangkut jadwal pertanding­an perdana di grup Y.

’’Karena kami ingin memperjela­s tentang jadi tidaknya penyelengg­araan. Ya, akhirnya kebuka bahwa pada 10 November sama sekali belum ada izin penyelengg­araan,’’ terang Media Officer Persebaya Roky Magbal. Dari PT LIB, Somad selaku bidang kompetisi menerangka­n, pihaknya belum memberitah­ukan mundurnya jadwal itu kepada kontestan lainnya, yakni PSIS, PSPS, dan PSMP. Pemberitah­uan tersebut akan disampaika­n saat MCM hari ini. ’’Saya harus sampaikan dulu tentang keputusan dari ke polisian ini kepada Pak Tigor (Tigorshalo­m Boboy, Red) selaku chief operation officer LIB,’’ terangnya.

Kekecewaan disampaika­n pelatih PSMP Mojokerto Redi Supriyanto. Dia mengatakan, secara tidak langsung, tim akan rugi dengan mundurnya jadwal tersebut. ’’Ini di luar prediksi kami, tapi mau bagaimana lagi. Mungkin ada hal lain yang membuat jadwal mundur,’’ tuturnya.

Sementara itu, sampai saat ini PT LIB belum mengeluark­an surat pem be ri ta hu an jadwal baru. Namun, m e reka tidak membantah. ’’ Kami tidak mem bantah ada rumor yang berkembang tentang pe nundaan jad wal,’’ kata Manajer Kompetisi PT LIB Asep Saputra tadi malam.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? KACAU BALAU: Kondisi bangku di tribun penonton Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, kemarin. Kerusakan terjadi setelah pertanding­an final Liga 1 U-19 antara Persipura versus Persib (7/11).
ANGGER BONDAN/JAWA POS KACAU BALAU: Kondisi bangku di tribun penonton Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, kemarin. Kerusakan terjadi setelah pertanding­an final Liga 1 U-19 antara Persipura versus Persib (7/11).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia