Jawa Pos

Kekuatan Penuh di Suramadu

Besok Pengambila­n Race Pack di TP

-

SURABAYA – Persiapan panitia Jawa Pos Fit East Java Marathon 2017 sangat matang menjelang race pada 12 November. Seluruh kekuatan dimaksimal­kan untuk menyuksesk­an event berskala internasio­nal yang mengambil ikon Jembatan Suramadu itu.

Senior Manager PT Jawa Pos Koran Rensi Dewi Bulan mengingatk­an para peserta untuk mengambil race pack di Tunjungan Plaza 3 lantai 6 pada 10–11 November 2017. Petugas akan melayani pukul 11.00–19.00. ’’Silakan membawa e-mail konfirmasi dan kartu identitas,’’ ucap Rensi.

Untuk pengambila­n secara kolektif maupun yang diwakilkan, surat kuasa harus disertakan. Selain itu, peserta mesti menyerahka­n surat pernyataan dan formulir ahli waris untuk kepentinga­n asuransi. Seluruh peserta memang dilindungi asuransi dari AXA.

Tahun ini, Jawa Pos kembali mengganden­g runID sebagai race manage- ment. RunID sudah berpengala­man mengelola race level internasio­nal. Salah satunya adalah Bali Marathon.

Mengenai kesiapan rute, Race Director Jawa Pos Fit East Java Marathon 2017 Bertha Gani mengatakan, runners tidak perlu khawatir tantang rute yang akan dilalui. Meski dihadapkan pada tantangan cuaca panas dekat laut, runners bakal mendapatka­n treatment penuh. Untuk water station (WS), panitia dan Aqua menyiapkan 25 titik. ’’Jadi, setiap 2 km ada satu WS,” ujarnya.

Selain itu, bagi peserta half-marathon (HM) dan full-marathon (FM), ada fasilitas spons air es di kilometer 29, 33, dan 39. ”Untuk toliet, juga ada lima unit di kilometer 2,5; kilometer 7; kilometer 22; dan kilometer 28,” terang Bertha.

Penanganan medis juga menjadi perhatian. Panpel menyiapkan ambulans dan motor medic yang berjaga di rute lari. Paramedis juga disiagakan di setiap water station.

Khusus FM yang baru pertama kali digelar, Bertha menyebutka­n bahwa rutenya sudah dikalibras­i ulang. ”Pengu- kuran jalur sudah beres. Buat peserta, jangan khawatir, karena kami bekerja sama dengan banyak pihak. Termasuk keamanan dan medis,” lanjutnya.

Start dan finis akan dilakukan di dekat pintu tol sisi Surabaya di Jembatan Suramadu. Peserta FM bakal dilepas pukul 04.30 dan HM pukul 04.45. Kategori 10K dan 5K dilepas pukul 05.30 dan 05.45.

Peserta HM akan menginjakk­an kaki di Bangkalan hingga melewati Jalan Kwanyar Barat. Untuk kategori FM, peserta bakal melintasi Jalan Kwanyar Barat, Jalan Moh. Noer, hingga pertigaan Jalan Raya Poter. Setelah itu, runners mengambil jalur ke barat dan mengambil rute Jalan Pahlawan, Jalan Raya Labang, hingga kembali finis di pintu masuk Jembatan Suramadu.

Seluruh peserta harus melewati checkpoint. Satu saja checkpoint terlewat, peserta tersebut didiskuali­fikasi. Untuk kategori FM, ada 6 checkpoint, HM 3 checkpoint, 10K 2 checkpoint, dan 5K 1 checkpoint. ’’Harap memperhati­kan limit waktu atau cut-off time,’’ katanya.

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? BERKESAN: Suasana Jawa Pos Fit East Java Half-Marathon 2016 di Jembatan Suramadu.
DITE SURENDRA/JAWA POS BERKESAN: Suasana Jawa Pos Fit East Java Half-Marathon 2016 di Jembatan Suramadu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia