Jawa Pos

Kerahkan 600 Personel Keamanan

-

KOMITMEN panitia Jawa Pos Fit East Java Marathon 2017 untuk mewujudkan race yang aman dan nyaman buat para peserta tak perlu diragukan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengerahka­n 600 personel keamanan pada event lari terbesar di Jawa Timur itu.

Kabag Binops Polda Jatim Djoko Djohartono menyatakan, ratusan personel tersebut merupakan gabungan dari Polda Jatim, Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Polrestabe­s Surabaya, dan Polres Bangkalan. ’’Di Bangkalan saja, nanti ada 21 titik pengamanan. Utamanya pintu masuk yang menuju ke Suramadu dan pintu keluar. Banyak personel yang diturunkan di Bangkalan karena beberapa rute yang dilewati runners rawan kecelakaan dan kemacetan,” jelasnya.

Masyarakat yang hendak melewati Jembatan Suramadu dengan kendaraan pribadi maupun umum pun tak perlu khawatir. Sistem contraflow bakal diberlakuk­an di kawasan Jembatan Suramadu, baik dari arah Surabaya–Madura maupun sebaliknya. ’’ Contraflow diberlakuk­an mulai Sabtu (11/11) pukul 23.00. Sistem buka tutup jalan hanya di kawasan perem- patan pertama Bangkalan dari arah Surabaya,” terang Djoko.

Deputi General Manager Traffic Management Jasa Marga cabang Surabaya–Gempol Suhairi menambahka­n, para pelari nanti menggunaka­n jalur B (Surabaya menuju Bangkalan). Pihak Jasa Marga mulai memasang rubber cone untuk pembagian lajur bagi kendaraan di jalur A pada Sabtu pukul 21.00. ’’Kami juga bekerja sama untuk pengamanan lalu lintas dan traffic control dengan pihak kepolisian demi kesuksesan acara ini,” tuturnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia