Jawa Pos

Semburan Hasilkan Bentuk Monumen Bertabur Lampu

Air mancur menari di Jembatan Surabaya jadi objek wisata yang tak pernah sepi pengunjung. Kini air mancur yang hampir serupa segera dibangun di kawasan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

-

AIR mancur tersebut bakal dibangun alumni Teknik Sipil ITS. Letaknya berada di depan kampus ITS di Jalan Sukolilo. Di sana, sudah disiapkan lahan seluas 1.000 meter persegi. Air mancur itu akan dilengkapi LED RGB 10.000 lumens warnawarni. Semburan air bakal membentuk monumen statis setinggi 12 meter dengan diameter taman air mencapai 30 meter. ”Jadi monumennya itu dari air,”ujar Ketua Panitia Pelaksana Dies Natalis 60 Teknik Sipil ITS Adi Prasetya.

Rencananya, peletakan batu pertama ( groundbrea­king) pembanguna­n dilaksa- nakan sehari setelah peringatan Hari Pahlawan 10 November. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i dijadwalka­n hadir dalam acara itu. ”Ini merupakan kado spesial yang dipersiapk­an alumni Teknik Sipil ITS untuk warga Surabaya,” jelasnya.

Lantaran akan jadi kado bagi Surabaya, pembanguna­n dikebut. Pada 31 Mei 2018, air mancur menari itu diresmikan. Adi menerangka­n, pembanguna­n air mancur menari tersebut menelan biaya Rp 3 miliar. Seluruh biaya pembanguna­n merupakan sumbangan dari Ikatan Alumni Teknik Sipil ITS. ”Ini sumbangsih kami untuk warga Kota Surabaya,” ujarnya.

ITS bakal menjadi kampus pertama yang memiliki air mancur menari di Indonesia. Meski berada di lingkungan kampus, pembanguna­nnya tetap dikoordina­sikan dengan pemkot. Tujuannya, taman air mancur yang dibangun bisa serasi dan sejalan dengan rencana tata kota Surabaya.

Adi berharap kontribusi alumni Teknik Sipil ITS itu dapat membantu Surabaya menjadi kota yang makin diperhitun­gkan dunia. Bukan sebaliknya, malah mengganggu tata kota. Terlebih, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i baru saja menerima penghargaa­n lingkungan, Sustainabl­e Cities and Human Settlement Awards kategori Global Green City di New York, Amerika Serikat, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, dalam rilis yang diterima Jawa Pos, disebutkan bahwa pemilihan ketua umum Pengurus Pusat Komisariat Jurusan Alumni Teknik Sipil ITS dilangsung­kan pada Jumat besok (10/11). Penentuan tersebut dilakukan dengan pemilihan langsung oleh para alumni dari seluruh dunia.

Hal itu ditegaskan Ketua Komjur Alumni Sipil ITS ( ALSITS) Sutopo Kristanto. ”Pemilihan Ketum secara langsung ini dilakukan dengan cara kekinian, yaitu dengan one man one vote (OMOV) melalui sistem elektronik yang sudah diperkenal­kan kepada para alumnus,” katanya.

 ?? IKATAN ALUMNI TEKNIK SIPIL ITS FOR JAWA POS ?? IKON BARU: Desain air mancur yang akan dibangun di Bundaran ITS, Jalan Sukolilo.
IKATAN ALUMNI TEKNIK SIPIL ITS FOR JAWA POS IKON BARU: Desain air mancur yang akan dibangun di Bundaran ITS, Jalan Sukolilo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia