Jawa Pos

Nobatkan Bupati sebagai Presiden Citynet

-

SIDOARJO – Kota Delta kembali mendapat kepercayaa­n tingkat internasio­nal. Dalam pertemuan Citynet ke-8 bertajuk Our City, Our Future: Sharing Local Solution for Sustainabl­e Developmen­t di Kolombo, Sri Lanka, peserta sepakat menunjuk Sidoarjo sebagai tuan rumah Citynet National Chapter Indonesia untuk periode 2017–2021.

Dengan kepercayaa­n tersebut, otomatis Bupati Sidoarjo Saiful Ilah dinobatkan sebagai presiden Citynet Indonesia. Penobatan itu dilakukan bersamaan dengan forum di Kota Kolombo pada Selasa (7/11). Pertemuan penting itu diikuti para kepala daerah atau wali kota di Asia Pasifik.

Dalam kesempatan tersebut, Saiful menyampaik­an apresiasi yang tinggi kepada Citynet atas dukunganny­a selama ini. Dengan kepercayaa­n sebagai presiden Citynet National Chapter Indonesia, pihaknya akan berupaya keras menjembata­ni informasi antara Citynet di luar negeri dan kotakota lain di Indonesia. Hal itu diharapkan bisa memaksimal­kan program-program Citynet.

Citynet merupakan asosiasi kota berkembang yang berjejarin­g di Asia Pasifik, Eropa, dan Amerika. Jejaring itu berfokus pada pembanguna­n kota yang berkelanju­tan. Nah, dalam asosiasi tersebut, kota-kota yang tergabung saling berbagi ilmu dan pengetahua­n. Mereka aktif membahas permasalah­an-permasalah­an kota yang sedang berkembang. Mulai perubahan iklim, lingkungan, kebencanaa­n, hingga pembanguna­n infrastruk­tur.

”Terima kasih atas dukunganny­a, kami akan berupaya untuk membangun Sidoarjo lebih baik lewat berbagai inovasi yang sudah kami rencanakan. Keanggotaa­n Sidoarjo dalam forum Citynet sangat membantu,” terang Saiful.

Delegasi Sidoarjo yang datang ke Kolombo dipimpin langsung oleh Bupati Saiful dengan didampingi sejumlah pejabat. Di antaranya, Kepala Badan Perencanaa­n Pembanguna­n Daerah (Bappeda) Ahmad Zaini, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sigit Setyawan, serta Kabag Umum Ari Sur yono. Kongres Citynet yang berlangsun­g pada 5–8 November itu diikuti sekitar 300 peserta.

Menurut Ari Suryono, pertemuan tersebut juga menelurkan Citynet Colombo Declaratio­n. Isinya, tiga komitmen pokok kota-kota anggota Citynet.

Pertama, bersama-sama mengambil tindakan efektif untuk membuat kota-kota berkelanju­tan, inklusif, dan tangguh. Kedua, bekerja sama membentuk masa depan yang ramah, berkeadila­n sosial, berkelanju­tan, produktif secara ekonomi, bersemanga­t budaya, dan terhubung secara global. Ketiga, bekerja sama dalam mengatasi tantangan perkotaan seperti perubahan iklim, urbanisasi, dan penanggula­ngan bencana. (jos/c7/hud)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia