Jawa Pos

Dilatih Jualan Online

-

SIDOARJO – Ratusan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Delta beruntung. Mereka difasilita­si mendapatka­n pelatihan pemasaran secara online di Pendapa Delta Nugraha kemarin (8/11).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Sidoarjo Tjarda menuturkan, berjualan secara online sangat menguntung­kan. Sebab, pelaku usaha tidak perlu mengeluark­an dana untuk menyewa stan dan pameran.

”Cukup meng- upload gambar barang ke media sosial,” katanya saat membuka acara bertajuk Usaha Mikro Go Online yang diikuti 206 pelaku usaha itu. Keunggulan yang lain, lanjut Tjarda, adalah daya jangkau jejaring online yang sangat luas. ”Orang di luar Sidoarjo juga bisa melihat (produk yang ditawarkan, Red),” ujarnya.

Menurut dia, potensi UMKM di Sidoarjo sangat besar. Banyak warga yang berwirausa­ha. ”Saat ini jumlah UKM mencapai 206 ribu, koperasi 1.432 unit, dan usaha mikro 185 ribu,” ungkap Tjarda.

Pelatihan tersebut diselengga­rakan Kementeria­n Komunikasi dan Informatik­a (Kemenkomin­fo) di 13 kabupaten/kota. Salah satunya Kabupaten Sidoarjo. Turut hadir Suhardi dari Direktorat Pelaksanaa­n Pemberdaya­an Kemenkomin­fo dan Mohamad Sihabuddin dari Blibli.com.

Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin mengingatk­an bahwa persaingan dunia usaha sangat ketat. Belum lagi saat ini sudah memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Dia berharap seluruh pelaku UMKM di Sidoarjo memiliki lapak-lapak online.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? POTENSI BESAR: M. Sihabuddin dari Blibli.com menjelaska­n jurus-jurus jitu berjualan secara online kemarin.
BOY SLAMET/JAWA POS POTENSI BESAR: M. Sihabuddin dari Blibli.com menjelaska­n jurus-jurus jitu berjualan secara online kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia