Jawa Pos

Nyaman dengan Kostum Pahlawan

-

GRESIK – Trio zumba Bintang Sport memiliki cara tersendiri untuk memperinga­ti Hari Pahlawan. Kelompok kecil zumba itu kemarin (8/11) berlatih dengan mengenakan kostum ala pahlawan. Mereka adalah Melisa Safitri, Ernawati, dan Dewi Ita. ’’Ini wujud partisipas­i menjelang Hari Pahlawan dengan cara kami,’’ kata Melisa.

Sebagai instruktur, Melisa memimpin gerakan zumba. Dia mengenakan kostum tematis yang paling menonjol. Yakni, seragam cokelat ala veteran perang. Lengkap dengan kopiah yang disemati emblem garuda di pojok kiri atas.

Juara Zumba and Aerobic Competitio­n seJawa-Bali 2016 itu melengkapi tampilanny­a dengan sepatu bot hitam. ’’Meski kostum tematis, pastikan baju nyaman dipakai di badan. Biar latihan zumbanya juga tetap bisa maksimal seperti biasa,’’ ujarnya.

Sementara itu, Ernawati dan Dewi kompak memakai kaus putih dan legging hitam. Mereka menambahka­n kain merah putih yang dililitkan di lengan dan leher. ’’Intinya, kami ikut memperinga­ti dan mengenang perjuangan pahlawan dengan kostum sederhana ini. Itu nggak bisa kami lupakan gitu aja,’’ ujar Dewi.

Ernawati menambahka­n, tujuan berlatih zumba adalah mendapat kebugaran dan berat badan ideal. Dalam latihan selama sejam itu, mereka mengawalin­ya dengan gerakan-gerakan ringan. Disusul pemanasan kedua, yakni loncat dan lari untuk melemaskan otot. Kemudian, gerakan beranjak ke gerakan fitnes yang high

impact untuk membakar kalori. ’’Gerakan paling banyak dalam zumba itu kardio. Kayak meloncat, berputar, dan bergerak cepat. Fokusnya ke pinggul, pinggang, sama kaki. Lumayan bisa bakar sampai seribu kalori sejam,’’ jelasnya.

 ?? NURUL KOMARIYAH/JAWA POS ?? PARTISIPAS­I: Melisa Safitri menjadi instruktur bagi Ernawati (kiri) dan Dewi Ita saat latihan zumba dengan kostum bertema pahlawan kemarin.
NURUL KOMARIYAH/JAWA POS PARTISIPAS­I: Melisa Safitri menjadi instruktur bagi Ernawati (kiri) dan Dewi Ita saat latihan zumba dengan kostum bertema pahlawan kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia