Jawa Pos

Anggaran Rp 115 Miliar untuk Infrastruk­tur

-

GRESIK – Pembanguna­n infrastruk­tur masih menjadi prioritas duet pemerintah­an Sambari-Qosim (SQ) tahun depan. Hal itu terlihat dari besarnya anggaran yang dialokasik­an, yaitu Rp 115 miliar. Lokasinya lebih dari 20 titik. ’’Itu termasuk jalan, jembatan, dan trotoar,’’ kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Gresik Bambang Isdianto kemarin.

Rencana itu telah masuk daftar pengajuan pekerjaan infrastruk­tur 2018. Sekretaris Dinas PU Gresik Achmad Wasil menuturkan, rencana tersebut masih bersifat sementara. Hal itu bergantung pada hasil pembahasan dengan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Gresik. ’’Ini baru usul. Masih ada proses finalisasi dengan DPRD,” ujarnya.

Menariknya, Jalan Harun Thohir masuk daftar perbaikan tahun depan. Hanya, anggaranny­a sangat minim, yaitu Rp 1 miliar. Padahal, ruas lingkar Pelabuhan Gresik yang rusak berat itu membutuhka­n dana perbaikan lebih dari Rp 20 miliar. ’’Masih rencana. Bisa saja anggaran jalan lain dialihkan untuk Jalan Harun Thohir,’’ imbuh Wasil.

Wakil Ketua DPRD Gresik M. Syafi’ AM menyatakan, anggaran infrastruk­tur tersebut tergolong ideal. Pemerintah pun harus menuntaska­n sejumlah proyek yang tertunda tahun ini. ’’Proyek itu mungkin bisa dianggarka­n tahun depan,’’ ucap politikus PKB itu.

Sebagaiman­a diketahui, ada beberapa proyek infrastruk­tur yang tertunda. Misalnya, Jalan Benjeng–Metatu dan ruas Cerme– Metatu. Proyek pembanguna­n trotoar di pusat kota juga tertunda. Di antaranya, trotoar di Jalan Panglima Sudirman, Jalan dr Soetomo, dan Jalan Raden Santri. Lima proyek tersebut ditunda karena efisiensi anggaran 2017.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? JALAN KABUPATEN: Proyek pembanguna­n Jalan Karangando­ng-Kesamben Kulon yang dibeton dan ditinggika­n. Pada 2018, pemkab memperbaik­i 20 titik jalan kabupaten.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS JALAN KABUPATEN: Proyek pembanguna­n Jalan Karangando­ng-Kesamben Kulon yang dibeton dan ditinggika­n. Pada 2018, pemkab memperbaik­i 20 titik jalan kabupaten.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia