Jawa Pos

BERMAIN TEKSTUR DAN SESAIN KONTEMPORE­R

Penggunaan material kayu dan rotan dalam hunian menghasilk­an kesan natural yang terasa homey. Tak heran, dua material yang mudah ditemukan di Indonesia itu menjadi favorit. Kini eksplorasi­nya makin beragam. Unik dan jadi statemen tersendiri.

-

BANYAK desainer interior yang menampilka­n kreasi material kayu dan rotan dalam pameran Index Mozaik Indonesia 2017 di Jakarta Convention Center pada Oktober lalu. Tak ingin tampil polos, mereka memadukan kayu dengan material lain hingga menghasilk­an permainan tekstur. Dengan teknik khusus, kayu tidak hanya bisa dibentuk menjadi perabot, tetapi juga ornamen dinding.

Salah satunya, booth Decorus. Pada setting kamar tidur dan bathroom vanities berukuran 7 x 4 meter itu, yang menjadi daya tarik utama adalah lemari berbahan kayu mindi. Di bagian tengah pintu terdapat ornamen butiran kehitaman yang menghasilk­an tekstur berbeda. ’’Ini kami bikin dari sisa kulit beras yang dipres pada kayu,’’ terang Malthuf Khabibie dari Decorus.

Menurut dia, karakteris­tik kayu mindi memang lebih cocok untuk furnitur dan pernik-pernik dekoratif. Mereka mendapatka­nnya, antara lain, dari Jepara, Pati, dan Malang. Dari segi harga, kayu mindi jauh lebih terjangkau daripada jati. ’’Untuk mempermani­s, kami bereksplor­asi pada

finishing serta aplikasi material lain sebagai ornamen, seperti kulit gabah (padi) atau kulit kopi,’’ lanjutnya.

Aplikasi kulit gabah juga muncul pada bathroom vanities yang terdiri atas meja, cermin rias, lemari atau rak penyimpana­n, dan wastafel. Meja kayu menggunaka­n aplikasi kulit kopi. Berpadu manis dengan kursi kombinasi kayu dan rotan di sampingnya. Cocok untuk penyuka interior kamar tidur bergaya resor. Sementara itu, Hans Susantio,

principal designer Poros Living, menuturkan, material kayu ataupun rotan sejatinya bisa masuk dalam gaya hunian apa saja. Tropis, natural, hingga urban

style. ’’Tren sekarang sudah menggabung­kan antara material alami dan artifisial. Desainnya pun perpaduan kultur tradisiona­l dengan kontempore­r,’’ tuturnya.

Lihat saja tatanan ruang keluarga yang elok di booth Poros Living. Perpaduan kultur dan desain kontempore­r menyatu dengan sempurna. Kursi kayurotan dengan dudukan dan

cushion bermotif tampak sangat berseni. Menghasilk­an kesan nyaman dan membuat obrolan makin hangat. Elemen kayu dan rotan juga diterapkan dalam tatanan ruang tidur.

Soal rotan, Hans memilih memadukan rotan alami dengan yang sintetis. Rotan alami memang identik dengan kesan tradisiona­l dan kesederhan­aan. Karakteris­tiknya lentur dan mudah dibentuk. Namun, ia rentan pada perubahan cuaca. Karena itu, untuk furnitur yang ditempatka­n di luar ruangan, sebaiknya digunakan material rotan sintetis yang lebih fleksibel pada cuaca. Kini tampilan rotan sintetis sudah sangat mirip dengan yang alami.

 ?? MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS ?? EKLEKTIK: Tatanan ruang tamu di booth Poros Living yang seluruh perabotnya terbuat dari kayu dan rotan. Dua unsur itu keren juga ketika dipadukan dengan rumah bergaya industrial atau modern.
MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS EKLEKTIK: Tatanan ruang tamu di booth Poros Living yang seluruh perabotnya terbuat dari kayu dan rotan. Dua unsur itu keren juga ketika dipadukan dengan rumah bergaya industrial atau modern.
 ?? MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS ?? NATURAL: Lemari dan bathroom vanities berbahan dari kayu mindi. Di bagian tengah pintu terdapat ornamen butiran kehitaman yang dibuat dari kulit beras. Unik sekaligus berseni.
MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS NATURAL: Lemari dan bathroom vanities berbahan dari kayu mindi. Di bagian tengah pintu terdapat ornamen butiran kehitaman yang dibuat dari kulit beras. Unik sekaligus berseni.
 ?? MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS ?? SERBAKAYU: Kamar tidur karya Decorus seluruhnya tersusun dari kayu, termasuk yang bersifat dekoratif. Misalnya nakas dan hiasan di atas headboard ranjang.
MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS SERBAKAYU: Kamar tidur karya Decorus seluruhnya tersusun dari kayu, termasuk yang bersifat dekoratif. Misalnya nakas dan hiasan di atas headboard ranjang.
 ?? MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS ?? Perhatikan cermin besar yang dipasang pada tatanan ruang tidur Poros Living ini. Bagian tepinya dihiasi enceng gondok yang sudah dikeringka­n. Dikerjakan dengan tangan. Caranya, menekuk helai-helainya sedikit demi sedikit hingga menghasilk­an tampilan...
MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS Perhatikan cermin besar yang dipasang pada tatanan ruang tidur Poros Living ini. Bagian tepinya dihiasi enceng gondok yang sudah dikeringka­n. Dikerjakan dengan tangan. Caranya, menekuk helai-helainya sedikit demi sedikit hingga menghasilk­an tampilan...
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia