Jawa Pos

Ada ”Kanker” Bergerak di Atas Piring

-

KETIDAKPAH­AMAN masyarakat mengenai kesehatan sering dimanfaatk­an para penyebar hoax. Terutama mengenai kanker, tumor, dan sejenisnya.a. Untuk lebih meyakinkan, pun dikemas dalam bentukk video. Contohnya, video menge-enai kanker yang bisa bergerakak ketika didekatkan bawang danan emas.

Video itu beredar di grup-grupup WhatsApp. Dalam video tersebut,ut, tampak sebuah benda sepertirti jelly hitam diletakkan di atas pi-piring. Lalu, satu siung bawangng putih dipegang seseorang danan didekatkan di benda mirip itu. Hasilnya, benda tersebutut bergerak menjauhi tangan yangng memegang bawang.

Setelah itu, ganti cincin yangng didekatkan ke benda berwarnana hitam tersebut. Hasilnya, bendada seperti jelly itu bergerak men-ndekati cincin. Entah editanan atau asli, dalam video tersebut terdapat latar suara seperti orang mengaji.

Biasanya, video itu disebarkan bersama pesan tentang hasil operasi kanker. Bila didekatkan dengan bawang putih, potongan operasi kanker tersebut menjauh. Namun, bila didekatkan dengan emas, benda itu mendekat.

Breast Surgeon RS Onkologi Surabaya Bob J. Octovianus FICS memastikan informasi yang menyertai video itu hoax. ”Sel kanker tidak bisa bergerak seperti yang ada dalam video itu. Apalagi

bbergerakk cepat sepertii mempunyai kaki,” ujarnya. Menurut dia, tempat yang paling memungkink­an untuk tumbuhnya sel kanker adalah di dalam tubuh manusia. Bukan berpindah tempat.

Berdasar penelusura­n Jawa Pos, benda yang disebut kanker itu mirip magnetic thinking putty. Bentuknya mirip slime yang biasa dibuat mainan anak-anak. Anda bisa membeli benda semacam itu di situs jual beli hadiah unik, vat19.com. Harganya USD 14,99.

Di Vat19.com juga ada video ddemonstra­si penggunaan mag

Demo itu mirip video tentang kanker yang bisa bergerak. Ketika didekatkan dengan benda yang mengandung logam, magnetic thinking putty bergerak mendekat.

Menurut penjelasan situs Vat19, magnetic thinking putty mengandung jutaan magnet berukuran mikron. Benda itu disarankan untuk digunakan pada atraksi sulap. Misalnya, ditempatka­n di telapak tangan agar seolaholah mampu mengangkat besi atau gagang sendok tanpa me- ngambilnya.

Benda buatan Amerika Serikat itu berdimensi 4 inci dengan tinggi 1,3 inci. Beratnya 3,2 ons. Penjualann­ya dibungkus dengan kaleng seperti pomade untuk rambut. Tersedia empat warna. Yakni, hitam, biru, silver, dan pink.

Selain bisa membeli dalam bentuk barang jadi, Anda dapat membuat sendiri magnetic slime. Tutorialny­a bisa Anda cari di YouTube. Cari saja dengan kata kunci, ” how to make magnetic slime”. Bahan-bahannya, antara lain, boraks, iron oxide, dan lem putih. Namun, belum tahu hasil DIY ( itu, apakah secanggih barang jadi yang dijual di situs

Banyak orang yang menduga bahwa video palsu tentang kanker bisa bergerak yang sempat viral itu ulah para penjual obat herbal. Terutama mereka yang menjual produk herbal dengan kandungan bawang yang konon dapat menyembuhk­an kanker.

Jika diamati, pembuat video hoax itu memang sedikit tricky. Misalnya, ketika benda hitam tersebut didekatkan dengan bawang. Benda itu bergerak dari kiri ke kanan. Nah, ternyata di bagian kanan piring yang menjadi tempat ”kanker” itu terdapat cincin. Jadi, gerakan benda hitam tersebut mungkin disebabkan tarikan dari cincin itu. (gun/ lyn/eko/c6/fat)

 ?? ILUSTRASI: WAHYU KOKKANG/JAWA POS ?? hoax ax jelly lly netic thinking putty. hoax do it yourself) vat19.
ILUSTRASI: WAHYU KOKKANG/JAWA POS hoax ax jelly lly netic thinking putty. hoax do it yourself) vat19.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia