Jawa Pos

Serukan Korut Patuhi Resolusi PBB

Presiden Jokowi Terima Presiden Moon Jae-in

-

BOGOR – Ketegangan di Semenanjun­g Korea menjadi bahasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menerima kunjungan kenegaraan Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in di Istana Bogor kemarin (9/11). RI-1 menekankan agar solusi damai selalu dikedepank­an semua pihak untuk mengakhiri krisis di sana.

”Kita menekankan posisi Indonesia yang mendesak Korea Utara agar mematuhi semua resolusi Dewan Keamanan PBB terkait denukliris­asi Semenanjun­g Korea,” kata Jokowi seusai pertemuan dengan Moo Jae-in.

Dalam hal itu, Jokowi juga menyerukan agar Pyongyang menghentik­an uji coba peluncuran misil balistik. Diberitaka­n sebelumnya, negeri yang dipimpin Kim Jong-un tersebut beberapa kali melakukan uji coba misil jarak jauh. Di antaranya melewati wilayah Jepang. Bahkan, Jong- un berkoar misil Korea Utara (Korut) bisa menjangkau negara yang lebih jauh.

Jokowi menyatakan menghargai posisi Moon Jae-in yang terus membuka kemungkina­n penyelesai­an melalui dialog. JaeIn sendiri berharap persoalan di Semenanjun­g Korea bisa terus dibicaraka­n secara mendalam. ”Saya berterima kasih atas dukungan Bapak Jokowi untuk pemulihan masalah nuklir Korut secara damai dan perdamaian Semenanjun­g Korea secara permanen,” ucapnya.

Ke depan, Korsel berharap Indonesia bisa terus berperan menekan Korut menghentik­an provokasi yang mereka lakukan. Itu sangat penting untuk membuat kondisi Semenanjun­g Korea stabil. ”Juga mengundang Korut ke panggung dialog denukliris­asi,” tambahnya.

Di luar masalah keamanan Semenanjun­g Korea, kedua kepala negara juga membicarak­an sejumlah hal. Termasuk di dalamnya meningkatk­an hubungan kedua negara dari strategic partnershi­p menjadi special strategic partnershi­p. (byu/and/c9/ang)

 ??  ?? view briefing FADLI/METROPOLIT­AN/JPG BELANJA: Presiden Jokowi dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mencoba baju batik di Toko Batik Kencana Ungu di Bogor Trade Mall kemarin.
view briefing FADLI/METROPOLIT­AN/JPG BELANJA: Presiden Jokowi dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mencoba baju batik di Toko Batik Kencana Ungu di Bogor Trade Mall kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia