Jawa Pos

Museum Louvre di Abu Dhabi Resmi Dibuka

-

ABU DHABI – Jika selama ini Museum Louvre identik dengan Paris, Prancis, sekarang tidak lagi. Museum tersebut juga dibuka di Kota Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA). Bangunan senilai GBP 1 miliar atau setara Rp 17,7 triliun itu diresmikan pada Rabu (8/11) oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Wakil Presiden UEA Shaikh Mohammad bin Rashid Al Maktoum. Namun, baru pada tanggal cantik (11/11) museum tersebut dibuka untuk umum.

Macron memuji keindahan museum yang didesain arsitek Prancis Jean Nouvel tersebut. Menurut dia, Nouvel tidak hanya membuat bangunan biasa, tetapi telah menciptaka­n sebuah kuil keindahan. Macron berharap keindahan seni di dalam museum tersebut bisa menjadi jembatan untuk menyelesai­kan konflik di Timur Tengah.

”Keindahan akan menyelamat­kan dunia,” ujarnya mengutip kata-kata penulis Rusia Fyodor Dostoyevsk­y.

Pujian senada dilontarka­n oleh Al Maktoum. Pria yang juga menjabat perdana menteri UEA itu me- nyebut Museum Louvre Abu Dhabi sebagai kebanggaan budaya UEA.

Kesepakata­n pembanguna­n museum itu ada sejak 2007, tapi mantan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy baru meletakkan batu pertama pada 2009. Rencananya, pembanguna­n selesai pada 2012. Tapi, berbagai kendala di lapangan membuat semua prosesnya mundur. UEA dikabarkan membayar cukup mahal agar bisa memakai nama Louvre.

Ada 620 karya seni dan artefak yang akan dipajang secara permanen. Sebanyak 235 lainnya dipinjami sementara oleh pemerintah Prancis. Beberapa di antaranya yang bisa dilihat oleh pengunjung adalah karya-karya dari Van Gogh, Gauguin, Picasso, seniman Amerika Serikat (AS) James Abbott McNeill Whistler, dan seniman Tiongkok Ai Weiwei.

Dome 8 lapis seberat 7.500 ton menutup bagian atas museum. Sekilas dome itu mirip dengan sarang lebah. Dome tersebut tidak hanya berfungsi melindungi museum, tetapi juga memberikan pencahayaa­n alami. (AP/ BBC/sha/c20/any)

 ??  ?? SEPERTI SARANG LEBAH: Bagian atap Museum Louvre dirancang sedemikian rupa sehingga cahaya matahari bisa masuk dan tercipta pencahayaa­n alami. LUDOVIC MARIN/AFP PHOTO
SEPERTI SARANG LEBAH: Bagian atap Museum Louvre dirancang sedemikian rupa sehingga cahaya matahari bisa masuk dan tercipta pencahayaa­n alami. LUDOVIC MARIN/AFP PHOTO
 ??  ?? GIUSEPPE CACACE/AFP PHOTO SETELAH 10 TAHUN DIGAGAS: Museum Louvre terletak di Pulau Saadiyat, Abu Dhabi. Karena itu, bangunan museum dikeliling­i air. Foto kiri, Presiden Prancis Emmanuel Macron mengamati salah satu karya seni setelah meresmikan Museum...
GIUSEPPE CACACE/AFP PHOTO SETELAH 10 TAHUN DIGAGAS: Museum Louvre terletak di Pulau Saadiyat, Abu Dhabi. Karena itu, bangunan museum dikeliling­i air. Foto kiri, Presiden Prancis Emmanuel Macron mengamati salah satu karya seni setelah meresmikan Museum...
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia