Jawa Pos

Universita­s Terbuka Permudah Akses Belajar Jarak Jauh

Pelajari Modul Tinggal Online

-

KOMITMEN Universita­s Terbuka (UT) memberikan layanan pembelajar­an kepada masyarakat di Jawa Timur terus dibuktikan lewat beragam inovasi. Bertepatan dengan ultah ke-33 tahun ini, masyarakat di 18 Kabupaten/Kota mulai Sumenep hingga Ngawi semakin dimudahkan dengan akses mahasiswa melalui bahan ajar digital, sistem registrasi online, sistem ujian online, dan masih banyak yang lainnya.

Bertepatan dengan Hari Pahlawan pada 10 November 2017, semangat pembaruan UT itu sejalan dengan tema Perkokoh Persatuan Membangun Negeri. UT ingin lebih fokus menjangkau masyarakat yang selama ini belum mengenyam pendidikan. Mereka harus mendapat hak yang sama dengan diajak bergabung jadi bagian keluarga besar UPBJJUT Surabaya (http://surabaya.ut.ac.id).

Sebagai PTN ke-45 yang diresmikan Presiden Republik Indonesia pada 4 September 1984, UT pun terus berbenah menjadi lebih baik. Dengan kiprahnya sebagai perguruan tinggi terbuka dan jarak jauh, UT telah menjangkau seluruh wilayah Nusantara. Termasuk yang secara geografis sulit dijangkau atau memiliki berbagai keterbatas­an.

Berbagai pembenahan tersebut telah membuahkan hasil. Misalnya, saat ini telah tersedia 39 Program Studi Diploma, Sarjana, dan Pascasarja­na yang ditawarkan UT. Rinciannya terdiri atas empat fakultas (FE, FHISIP, FMIPA, FKIP) dan Program Pascasarja­na. Program studi yang ditawarkan tentu telah terakredit­asi BAN PT. Beberapa di antaranya telah terakredit­asi A.

Mulai 2017, bahan ajar mahasiswa UT yang lebih dipopuler disebut modul juga telah disajikan dalam bentuk digital. Konten yang disebut BA Digital tersebut dapat diunduh melalui

Google Play Store. Mahasiswa pun semakin dimudahkan mempelajar­i materi-materi dalam modul di sela-sela aktivitas yang padat.

BA digital merupakan sistem repositori atau pembaca buku elektronik yang dikembangk­an UT dan digunakan mahasiswa secara gratis. Saat ini aplikasi tersebut digunakan untuk aplikasi mobile berbasis Android. Informasi lebih lengkap silahkan kunjungi http://badigital.ut.ac.id.

Sebagai bagian dari Pemerintah, UT berupaya berpartisi­pasi dalam kegiatanke­giatan kemahasisw­aan dan pemberian beasiswa seperti BIDIKMISI, CSR dari mitra, Peningkata­n Prestasi Akademik, dan IKA-UT. Mahasiswa UT juga kerap dilibatkan dalam kegiatan positif seperti penanaman sejuta pohon, literasi, dan mahasiswa wirausaha.

UT juga melakukan edukasi mengenai sistem belajar mandiri dengan menghelat Gebyar Pesantren di Ponpes Tebuireng dan bersilatur­ahmi ke pesantren-pesantren lain. Untuk menjembata­ni komunikasi dengan mahasiswa yang tersebar, UT pun membentuk kemitraan dengan Para Pengurus Kelompok Belajar di setiap Kabupaten/Kota. Sehingga antar mahasiswa pun tetap dapat terhubung dengan baik. (kkn)

 ?? UT FOR JAWA POS ?? PEMERATAAN PENDIDIKAN: Prof Dr Ir K H Mohammad Nuh DEA (tengah) didampingi Kepala UPBJJ-UT Surabaya Teguh Prakoso bersama para wisudawan terbaik Sumarni dari Kabupaten Madiun ( jaket kuning) yang meraih IP 4,00 dan Ruwaidah dari Bawean Gresik (hijab cokelat) yang meraih IP 3,93.
UT FOR JAWA POS PEMERATAAN PENDIDIKAN: Prof Dr Ir K H Mohammad Nuh DEA (tengah) didampingi Kepala UPBJJ-UT Surabaya Teguh Prakoso bersama para wisudawan terbaik Sumarni dari Kabupaten Madiun ( jaket kuning) yang meraih IP 4,00 dan Ruwaidah dari Bawean Gresik (hijab cokelat) yang meraih IP 3,93.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia