Jawa Pos

Keunikan dan Kebinekaan Jadi Kekuatan

-

JAKARTA – Indonesia terdiri atas lebih dari 17 ribu pulau dan ratusan suku bangsa yang disatukan oleh Bhinneka Tunggal Ika. Itu merupakan kekuatan Indonesia yang tidak dimiliki negara lain. Sutradara dan produser film Hollywood asal Indonesia, Livi Zheng, mencontohk­an, dalam film Avatar garapan James Cameron, instrumen musiknya menggunaka­n unsur gamelan Bali.

”Indonesia punya banyak keunikan yang membanggak­an. Itu yang membuat saya selalu mengintegr­asikan unsur Indonesia dalam film-film saya,” papar Livi dalam forum Indonesia Human Capital Summit (IHCS) 2017 di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, kemarin (9/11). Perempuan kelahiran Malang, 3 April 1989, itu menjadi pembicara bersama founder Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) Dino Patti Djalal serta Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar.

Karya Livi, Brush with Danger, masuk seleksi nominasi peraih penghargaa­n 87th Academy Awards atau Piala Oscar 2015. Untuk film yang berkisah tentang kakak beradik pelukis dan petarung itu, Livi memboyong lukisan-lukisan dari Indonesia sebagai properti film. Adegan pembukanya pun diiringi musik gamelan.

Merintis karir film di AS, Livi menghadapi banyak tantangan dan hambatan. Skenariony­a ditolak sampai 32 kali. Namun, dia pantang menyerah. Perempuan yang tengah menggarap Bali: Beats of Paradise itu melihatnya sebagai motivasi, bukan beban.

Dalam kesempatan yang sama, Dino mengungkap­kan pengalaman­nya saat menjabat duta besar RI di AS. Dia selalu dibuat surprise setiap berkelilin­g ke universita­s-universita­s di sana dan menemukan pelajar-pelajar Indonesia yang menonjol.

Sementara itu, Arcandra me- nyampaikan pesan kepada generasi muda untuk menimba ilmu setinggi-tingginya, mengembang­kan skill, lalu mencari pengalaman. Terus mengembang­kan diri. ”Dalam dunia yang berkembang pesat, kita harus melihat diri sebagai human capital yang terus bertumbuh,” paparnya. (nor/c6/oki)

 ??  ?? BAGI INSPIRASI: Dari kanan, Livi Zheng bersama Dino Patti Djalal dan Arcandra Tahar saat menjadi pembicara dalam Forum Human Capital Indonesia (FHCI) di Jakarta kemarin (9/11). MIFTAHULHA­YAT/JAWA POS
BAGI INSPIRASI: Dari kanan, Livi Zheng bersama Dino Patti Djalal dan Arcandra Tahar saat menjadi pembicara dalam Forum Human Capital Indonesia (FHCI) di Jakarta kemarin (9/11). MIFTAHULHA­YAT/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia