Jawa Pos

Muncul Bursa Pengganti

-

MASIH ada playoff yang harus dijalani Italia demi bisa berlaga di Piala Dunia 2018. Artinya, masih ada kesempatan bagi Gian Piero Ventura untuk menyelamat­kan jabatannya sebagai Italia. Seperti kontraknya: Meloloskan Gli Azzurri ke Piala Dunia 2018.

Meski begitu, bursa pelatih pengganti Ventura sudah bermuncula­n. Di antaranya, Roberto Mancini, Carlo Ancelotti, hingga kemungkina­n kembalinya Antonio Conte. Mancini termasuk yang terang-terangan tergoda menggantik­an Mister Libidine, julukan Ventura semasa menangani Bari.

’’Setiap pelatih Italia pasti memimpikan­nya (membesut timnas Italia, Red). Bagi saya, itu akan jadi sebuah kehormatan dan sumber kebanggaan. Saya sudah siap,’’ kata Mancini sebagaiman­a dilansir Calciomerc­ato.

Di level klub, Mancini seperti sudah kenyang pengalaman. Pernah merasakan tiga kali scudetto bersama Inter Milan dan Premier League bersama Manchester City, pria 52 tahun tersebut kini menangani Zenit Saint Petersburg. Pengalaman Ancelotti malah lebih mumpuni lagi dan sudah saatnya Don Carletto menjajal karir di level timnas. Begitu pula Conte yang merupakan pelatih sebelum Ventura. (ren/c14/dns)

Dalam 1998, Italia juga melakoni pertama di kandang lawan, Moskow. Buffon di usia 19 tahun 9 bulan dimasukkan Cesare Maldini sebagai pengganti Gianluca Pagliuca pada menit ke-31.

Debut Buffon dalam laga yang diwarnai hujan salju dan lapangan superlicin itu tidak mengecewak­an. Italia mampu menahan tuan rumah 1- 1 setelah gol Chris tian Vieri (49’) dibalas gol bunuh diri Fabio Can navaro tiga menit berselang. Gli Azzurri akhirnya merebut tiket lolos setelah menang 1-0 dalam

kedua di San Paolo via gol Pierluigi Casiraghi (53’).

’’Selalu berisiko menghadapi fase seperti ini ( tidak peduli siapa lawannya,’’ kata Buffon kepada ’’Situasinya berbeda dengan 20 tahun lalu, tetapi semoga hasil akhirnya sama,’’ imbuh kiper dengan 178 tersebut.

Bek Italia Leonardo Bonucci juga tak berharap Buffon kehilangan peluang mengakhiri karirnya bersama Gli Azzzuri hanya sampai playoff. Bukan hanya itu, reputasi Italia sebagai juara dunia empat kali juga

 ?? SOREN ANDERSSON/AFP ?? playoff leg leg playoff Leg siaran langsung pukul playoff allenatore caps playoff), Rai Sport. 1 3 4 6 13 1 3 10 101 8 9 20 202
SOREN ANDERSSON/AFP playoff leg leg playoff Leg siaran langsung pukul playoff allenatore caps playoff), Rai Sport. 1 3 4 6 13 1 3 10 101 8 9 20 202
 ?? MAURIZIO DEGL INNOCENTI/EPA ?? allenatore
MAURIZIO DEGL INNOCENTI/EPA allenatore

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia