Jawa Pos

Hari Ini Lakukan Sinkronisa­si Data

Persiapan Simulasi UNBK SMA/MA

-

SURABAYA – Simulasi ujian nasional berbasis komputer (UNBK) jenjang SMA/MA berlangsun­g pada Senin (13/11) hingga Rabu (15/11). Sekolah melakukan beragam persiapan teknis. Proses sinkronisa­si pada server dilaksanak­an hari ini dan besok.

Hal itu diungkapka­n teknisi utama SMAN 6 Abdul Aziz. Tahap sinkronisa­si tersebut, lanjut dia, bertujuan menyelaras­kan data siswa dan mengunduh soal ujian. Proses itu langsung melalui server utama dari pusat.

Untuk sinkronisa­si, Aziz melaku kan beberapa persiapan. Terutama memastikan koneksi internet memadai. Sebab, koneksi internet yang tidak lancar akan memengaruh­i proses sinkronisa­si. ”Nanti keberatan dan malah error,” katanya.

Aziz menyiapkan lima server. Jumlah tersebut sudah termasuk sebuah server cadangan. Menurut Aziz, semua diperiksa ulang untuk persiapan simulasi. ”Pakai tiga sesi untuk 305 siswa,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 6 Hari Sutanto menyatakan bahwa sekolah kekurangan ruang ujian. Sebab, dua kelas lain untuk UNBK juga digunakan dalam kegiatan belajar-mengajar. Simulasi UNBK hanya memakai satu laboratori­um komputer. Sistem ujiannya dibagi menjadi tiga sesi.

Hari mengimbau siswa untuk serius menyelesai­kan ujian meski sekadar simulasi. Selain untuk mencoba proses dan pengerjaan UNBK, hasil simulasi menjadi bahan evaluasi. ”Misal ada soal yang sulit, bisa dibahas di kelas,” ucapnya.

Kepala SMAN 9 M. Shadali juga mempersiap­kan para siswanya untuk mengikuti simulasi UNBK pada Senin. Tentang sarana-prasarana, sekolah mengatur komputer kemarin (9/11).

Komputer-komputer di empat ruangan itu kembali dicek. Diharapkan, tidak ada gangguan ketika simulasi ataupun UNBK berlangsun­g. Masing-masing ruangan terdiri atas 20 komputer. Simulasi UNBK digelar dalam tiga sesi. Berbeda dengan tahun lalu yang melaksanak­an simulasi UNBK dalam dua sesi.

Sebanyak 360 siswa kelas XII memang sedang bersiap menyambut UNBK. Sebelum simulasi, hari ini dilaksanak­an sinkronisa­si. Tujuannya, mengunduh soal dan memastikan jaringan dalam kondisi baik. ”Dipastikan tersambung ke pusat dengan baik,” tegasnya. (kik/puj/c16/nda)

 ??  ?? DITE SURENDRA/JAWA POS PASTIKAN LANCAR: Teknisi utama SMAN 6 Abdul Aziz mengecek komputer yang akan dipergunak­an untuk simulasi UNBK. Para siswa seyogianya mengerjaka­n simulasi tersebut dengan sungguh-sungguh.
DITE SURENDRA/JAWA POS PASTIKAN LANCAR: Teknisi utama SMAN 6 Abdul Aziz mengecek komputer yang akan dipergunak­an untuk simulasi UNBK. Para siswa seyogianya mengerjaka­n simulasi tersebut dengan sungguh-sungguh.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia