Jawa Pos

Guru PAUD Bakal Dapat Tunjangan

-

SURABAYA – Guru PAUD (pendidikan anak usia dini) se-Jatim segera mendapatka­n tunjangan perbaikan penghasila­n. Program bantuan tersebut saat ini sedang diusulkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Jatim 2018.

Wakil Ketua DRPD Komisi E Jatim Suli Daim mengatakan, usulan bantuan untuk para guru PAUD tersebut saat ini masih dibahas. Jika disepakati, setiap guru PAUD akan memperoleh Rp 200 ribu per bulan. Jumlahnya 10 ribu guru. Alokasi anggaran mencapai Rp 19 miliar. ”Tunjangan tersebut akan diberikan selama satu tahun penuh kepada guru PAUD dan TK,” terangnya.

Penganggar­an tunjangan bagi para guru PAUD itu dimaksudka­n untuk menaikkan kesejahter­aan. Di berbagai daerah, gaji guru PAUD hanya Rp 150 ribu–Rp 200 ribu.

Melalui mekanisme itu, Suli mengungkap­kan, ke depan Pemprov Jatim dapat membantu mengatasi permasalah­an pendidikan di tingkat paling dasar. Salah satunya meningkatk­an kesejahter­aan para pendidik.

Ketua Dewan Pendidikan Jatim (DPJ) Akh. Muzakki menyambut baik usulan DRPD Jatim soal pemberian bantuan kepada guru PAUD. Sebab, pemerintah selama ini kurang memperhati­kan nasib guru PAUD.

Kondisi guru PAUD di beberapa daerah masih berada dalam kategori kurang sejahtera. Fasilitas dan gaji yang mereka terima jauh dari kata cukup. ”Inilah yang harus diperhatik­an pemerintah,” tegasnya.

Meski masuk pendidikan nonformal, guru PAUD memiliki peran strategis dalam mencetak generasi penerus. Sebab, peserta didik adalah anak usia

(0–5 tahun). Masa pertumbuha­n itu menentukan kemampuan anak ke depan.

Pada rentang usia tersebut, seorang anak akan menuju perkembang­an terbaik dalam pembentuka­n otak dan fisiknya. ”Jadi, ini sangat penting. Pemerintah harus jeli betul untuk mengatasi dan mempersiap­kan jenjang pendidikan ini. Termasuk kesejahter­aan gurunya,” tuturnya. (elo/c6/nda)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia