Jawa Pos

Terpilih 10 Karya Guru Inovatif

-

SIDOARJO – Lomba penulisan karya ilmiah untuk guru-guru di Sidoarjo kini telah memasuki sepuluh besar. Mereka disaring dari 46 guru yang mendaftar. Selanjutny­a, sepuluh karya ilmiah terbaik itu maju ke tahap presentasi di Trawas, Mojokerto, pekan depan untuk mencari pemenang.

Kompetisi yang digagas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Pemkab Sidoarjo bersama Jawa Pos tersebut bertujuan mendorong kompetensi guru dalam menulis. Selain itu, men- cetak guru-guru yang inovatif. ’’Dengan karya ilmiah itu, inovasi yang diajukan bisa diraba secara teknis,” kata Tirto Adi, sekretaris Dikbud Sidoarjo.

Tema karya ilmiah sudah ditentukan. Yakni, Inovasi Guru dalam Penerapan Pendidikan Karakter. Dari tulisan yang masuk panitia, ada keberagama­n subtema. ’’Akhirnya, ilmu dan inovasi yang diajukan menjadi kaya. Bagus sekali jika nanti diterapkan bersama,” imbuhnya.

Karya Lilik Masrukhah, misalnya. Guru di SMPN 2 Wonoayu itu mengangkat judul

’’Pembelajar­an yang coba saya ajukan ini belum ada di Sidoarjo. Soal kegiatan belajar-mengajar lewat komik digital,” ujar Lilik.

Dengan model pembelajar­an tersebut, anak didik diharapkan tumbuh menjadi insan cendekia dengan rasa ingin tahu yang positif, melek teknologi, bahkan terbangun life skill programmin­g bernilai ekonomis. ’’Tidak hanya pintar, tapi juga punya karakter kreatif dan ulet,” katanya. (via/c7/hud)

 ??  ?? Peningkata­n Keterampil­an Menulis Teks Sederhana Materi Time, Date, Day and Months Melalui Media Kota Suge dalam Komik Digital.
Peningkata­n Keterampil­an Menulis Teks Sederhana Materi Time, Date, Day and Months Melalui Media Kota Suge dalam Komik Digital.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia