Jawa Pos

Mutasi Diwarnai Aroma Sanksi

Kinerja Menjadi Pertimbang­an

-

GRESIK – Gerbong mutasi di Pemkab Gresik bakal ”menggeret” pejabat dalam jumlah besar. Sekitar 80 pejabat berbagai eselon dikabarkan bakal kena geser. Baik promosi karena prestasi bagus maupun sanksi akibat kinerja buruk. Tinggal tunggu waktu. Berdasar informasi yang dihimpun Jawa

sebagian mutasi hanyalah upaya penyegaran biasa dalam tubuh pemkab. Yang lain merupakan pengisian jabatan yang kosong karena ditinggal pensiun. Namun, sebagian lain merupakan hasil evaluasi kinerja. Artinya, pejabat dimutasi karena kinerjanya tidak memuaskan.

”Kabarnya, ada pejabat eselon yang bakal kena sanksi,” ungkap sumber Jawa Pos di internal Pemkab Gresik. Pejabat itu bisa eselon II (setingkat kepala dinas), eselon III (setingkat kepala bidang/sekretaris dinas), hingga eselon IV (setingkat kasi).

Siapa yang dimutasi karena sanksi? Salah satu yang disebutseb­ut adalah beberapa kepala sekolah (Kasek) yang kinerjanya dinilai tidak berhasil. ”Jadi, mutasi ini terkait dengan kinerja,” kata sumber tersebut.

Kabar lain menyebutka­n, Badan Pertim- bangan Kepangkata­n dan Jabatan (Baperjakat) Pemkab Gresik sedang mempertimb­angkan untuk menjatuhka­n sanksi bagi pejabat eselon. Dia disebut-sebut telah melakukan pelanggara­n. ”Tapi, masih dikaji kebenarann­ya. Sanksinya bisa di- nonjob-kan atau dipindah,” ucapnya.

Menurut sumber yang minta namanya dirahasiak­an itu, rencana mutasi sebenarnya dilakukan hari ini (10/11). Namun, kabar lain menyebutka­n, rencana mutasi hari ini ditunda lagi. Belum ditetapkan waktunya.

Bupati Sambari Halim Radianto menegaskan, persiapan mutasi pejabat tetap berjalan. Masih terus dipersiapk­an. ”Yang pasti akan dilakukan. Soal waktunya kapan, yang jelas dalam waktu dekat,” tandasnya.

Pejabat berusia 59 tahun itu kembali menjelaska­n, rencana perombakan pejabat pemkab kali ini merupakan upaya memaksimal­kan kinerja seluruh instansi. ” Yang kami cari adalah pejabat yang mau dan mampu. Serta punya kredibilit­as,” ungkapnya.

Karena itu, lanjut Sambari, persiapan mutasi kali ini benar-benar melihat rekam jejak ( track record) seluruh pejabat. ”Proses ini tak gampang. Tidak mudah menata personel sedemikian banyaknya,” urainya. (ris/c25/roz)

 ?? NURUL KOMARIYAH/JAWA POS ?? Pos,
NURUL KOMARIYAH/JAWA POS Pos,
 ?? DOK JAWA POS ??
DOK JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia