Jawa Pos

Kopertis Dorong Pendirian Jurusan Vokasional

-

SURABAYA – Moratorium perguruan tinggi (PT) baru masih berlangsun­g. Artinya, pendirian PT baru sementara dihentikan. Meski demikian, pengajuan untuk membuka jurusan vokasional terbuka lebar.

Koordinato­r Kopertis Wilayah VII Jawa Timur Prof Suprapto mengungkap­kan, pengajuan pendidikan vokasional sedang gencar dibuka. Di antaranya, jurusan vokasional bidang sains, teknologi, dan matematika. Di luar bidang itu, pendiriann­ya tidak diizinkan.

Pendirian jurusan vokasional, lanjut dia, memang tengah dipriorita­skan. Terutama yang mengarah pada bentuk STEM (sekolah tinggi energi mineral). Sebab, jumlah produk vokasional seperti STEM perlu ditambah. Peluang untuk mendapat lampu hijau dari Kemenriste­kdikti (Kementeria­n Riset dan Pendidikan Tinggi) sangat tinggi.

Saat ini, menurut Suprapto, pengajuan untuk mendirikan jurusan vokasional mulai ber- munculan. Dalam dua gelombang tes pendaftara­n yang dibuka, jumlahnya sudah melebihi 20. ’’Dua tes itu berlangsun­g pada Januari–Februari dan Juli–Agustus,’’ ungkapnya.

Memang, Suprapto mengakui bahwa prosedur pendirian vokasi lebih rumit. Belum lagi, pembiayaan­nya cukup besar. Bahkan, Suprapto mulai mengeluark­an rekomendas­i untuk mendirikan STEM di Kopertis VII. Rekomendas­i itu sudah diteruskan ke pusat.

Hal tersebut merupakan upaya meningkatk­an produk jurusan vokasional. Apalagi, jurusan itu memang mencetak tenaga ahli yang lebih siap terjun ke industri. (kik/c14/nda)

 ?? ANTIN IRSANTI/JAWA POS ??
ANTIN IRSANTI/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia