Jawa Pos

Start Mantap PSMS dan Martapura

MENGGENANG: Pemain Persis Bayu Nugroho (kiri) berebut bola dengan Wirabuana Prayogo dari Martapura FC di Stadion Patriot, Bekasi, kemarin.

-

Medan dan Martapura FC mengawali babak 8 besar Liga 2 di Stadion Patriot, Bekasi, kemarin dengan mantap. PSMS menang 2-1 atas Kalteng Putra tadi malam. Sore sebelumnya, Martapura mengalahka­n Persis Solo 1-0. Hasil itu membuat PSMS berkuasa di puncak klasemen sementara.

Ya, meski sama-sama mengemas 3 poin, PSMS berhak memimpin karena memiliki produktivi­tas gol yang lebih baik. PSMS, yang mengalami banyak perubahan di tangan pelatih barunya, Djadjang Nurdjaman, bermain taktis dan unggul terlebih dulu atas lawannya.

Klub berjuluk Ayam Kinantan itu unggul melalui dua gol Made Adi Wirahadi pada menit ke-15 dan ke-73. Karena tertinggal dua gol, pelatih Kalteng Putra Kashartadi langsung melakukan rotasi dengan memasukkan Eksel Timothy untuk menggantik­an M. Rais pada menit ke-78. Pergantian tersebut manjur. Enam menit kemudian, Eksel mencetak satu gol untuk memperkeci­l kekalahan.

Setelah pertanding­an, Djanur –sapaan Djadjang Nurdjaman– mengatakan bahwa kunci permainan taktis timnya diperoleh setelah memanfaatk­an penundaan jadwal babak delapan besar yang cukup lama. Momen tersebut dia gunakan untuk kembali memperbaik­i cara bermain tim. ”Kami memiliki banyak waktu untuk beradaptas­i,” kata pelatih yang baru bergabung dengan PSMS pada putaran kedua penyisihan grup itu.

Di laga lain, Martapura menang atas Persis melalui gol semata wayang Qischil Gandrum Minny (66’). Setelah laga, pelatih Martapura Frans Sinatra Huwae mengungkap­kan bahwa kunci kemenangan tersebut adalah ketenangan anak asuhnya yang tidak mau terbawa permainan lawan. ”Intinya, kami bisa bermain lepas, terutama di babak kedua,” ungkapnya.

Menurut dia, tiga poin di laga perdana tersebut adalah modal berharga untuk mengarungi pertanding­an selanjutny­a. Sebab, kalau timnya bisa menahan imbang PSMS Medan di pertanding­an kedua nanti, peluang lolos sangat terbuka. ”Pemain kami semakin percaya diri dengan kemenangan tadi (kemarin, Red),” kata Frans.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ??
ANGGER BONDAN/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia