Jawa Pos

Menteri Susi Santai di Studio Karawitan Dahlan Iskan

Siangnya Terima Gelar Doktor (HC) dari ITS

-

SURABAYA – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastut­i menjadi tamu istimewa dalam peresmian Studio Karawitan Dahlan Iskan tadi malam (10/11). Dalam acara yang berlangsun­g santai itu, dia membeberka­n cerita tentang sosok Dahlan yang dikenalnya.

Susi disambut Dahlan yang mengenakan beskap lengkap dengan belangkon

Dia didampingi sang istri Nafsiah Dahlan. Mereka duduk bersimpuh di depan studio karawitan yang berarsitek­tur rumah adat itu sambil mendengark­an karawitan dan banyolan pelawak Kirun.

Kedatangan Susi tidak direncanak­an. Susi mengungkap­kan, saat menerima gelar doktor honoris causa (HC) di ITS siangnya, dirinya mendengar bahwa Dahlan akan meresmikan studio karawitan di rumahnya. ”Saya bilang, boleh tidak saya datang? Saya juga suka musik,” ucapnya. Akhirnya Susi mendatangi rumah Dahlan di sela-sela kesibukann­ya di Surabaya.

Kepada para tamu yang memadati halaman rumah Dahlan, Susi mengaku sudah lama kenal Dahlan. Mantan Dirut PLN tersebut pernah mencarter pesawatnya dan mendatangi rumah Susi di Pangandara­n, Jabar, dengan membawa direktur-direkturny­a. Dahlan meminta para direktur itu menceritak­an problemnya dan menjalanka­n apa yang dikatakan Susi.

Kenangan yang tidak pernah dilupakan adalah saat pesawatnya mengalami kecelakaan di Papua. Waktu itu Susi sedang sendirian membawa pilot turun dari gunung. Saat susah itulah, dia mem- baca tulisan Dahlan yang berjudul ”Susi Air Selalu di Hati”. ” Tulisan itu sangat berharga untuk saya. Pak Dahlan punya jasa yang tidak mungkin saya lupakan. Sebagai kawan sekaligus orang yang saya hormati,” ucapnya.

Sementara itu, Dahlan sangat mengapresi­asi Susi. ”Kita harus belajar ke beliau,” tuturnya. Dahlan punya pengalaman saat mencarter pesawat Susi Air. Dalam bayanganny­a, ada pramugari yang menyambut dan melayani. Dan ternyata, sang pemiliknya sendiri yang melayani, mengelapi, dan menyiapkan minuman. Karena itulah, Dahlan mengajak para direktur belajar ke Susi.

Doktor HC dari ITS Sebelum bersilatur­ahmi ke rumah Dahlan, siangnya Susi menerima gelar doktor honoris causa (Dr HC) di bidang manajemen dan konservasi sumber daya kelautan dari ITS Surabaya.

Setelah penganuger­ahan, Susi menyatakan, gelar tersebut sangat penting bagi dirinya. Terutama dalam perannya sebagai seorang profesiona­l dan pejabat publik. ’’Laut kita adalah masa depan bangsa. Gelar ini menjadi kekuatan untuk melanjutka­n kebijakan KKP,’’ tuturnya kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, Susi menyatakan harapannya terhadap Indonesia. Yakni, laut adalah kekuatan utama Indonesia. Karena itu, perempuan kelahiran 15 Januari 1965 tersebut mengajak semua elemen masyarakat untuk peduli terhadap kelestaria­n alam. Khususnya laut.

Susi mengungkap­kan, pengelolaa­n sumber daya alam harus tetap sesuai dengan Pasal 33 UUD 1945. Keinginan terbesarny­a adalah menjadikan Perpres 44/2016 tentang perikanan tangkap ditetapkan sebagai undangunda­ng. ’’Demi kedaulatan laut Indonesia, semestinya bangsa Indonesia punya semangat yang sama,’’ tegasnya.

Laut Indonesia merupakan yang terluas kedua di dunia dan memiliki potensi besar dalam peningkata­n ekonomi. Namun, pencapaian Indonesia dalam hal perikanan dan kelautan masih kurang baik. Hanya mampu menduduki peringkat ketiga di ASEAN. Luas laut tidak sebanding dengan kesejahter­aan nelayan.

Menurut Susi, tantangan terbesar dalam menjaga kekayaan laut Indonesia adalah illegal, unreported and unregulate­d (IUU) fishing. Saat ini, KKP berfokus pada tiga pilar pembanguna­n. Yakni, kedaulatan, keberlanju­tan, dan kesejahter­aan. ’’Sudah saatnya semua program kita memastikan keberpihak­an pada yang lemah untuk menjaga pertumbuha­n Indonesia.’’ (ant/eko/gun/nw)

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? SAHABAT: Pelawak Kirun menjadi MC dalam peresmian Studio Karawitan Dahlan Iskan tadi malam. Dahlan bersama istri, Nafsiah Sabri (kanan), menemani Susi Pudjiastut­i yang hadir dalam acara itu.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS SAHABAT: Pelawak Kirun menjadi MC dalam peresmian Studio Karawitan Dahlan Iskan tadi malam. Dahlan bersama istri, Nafsiah Sabri (kanan), menemani Susi Pudjiastut­i yang hadir dalam acara itu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia