Jawa Pos

Sentimen SARA Pulau Reklamasi

-

SENTIMEN anti-Tionghoa yang membara selamaa perhelatan pilgub DKI Jakarta beberapa bulan lalu masihh laris untuk dimanfaatk­an menjadi bahan hoax. Berbekalal blog gratisan, mereka menyebar informasi palsu untukuk memicu disintegra­si bangsa.

Salah satu hoax itu disebarkan lewat blog liputan-harian-nberita.blogspot.com. Blog itu membuat beberapa artikel kel clickbait tentang isu reklamasi. Di antaranya berjudul Kapalpal Perang Cina Mulai Berdatanga­n ke Pulau Reklamasi (di-diposting 27 Oktober 2017). Artikel lainnya, Ratusan Kapal Cina Mulai Berdatanga­n ke Pulau Indonesia, Cina Akan Serang Indonesia dalam Waktuktu Dekat (di- posting 28 Oktober 2017) dan Presiden Cinaina

Perintahka­n Militernya untuk Habibi Indonesia (di- postingg 27 Oktober 2017, mungkin maksud kata Habibi adalah Habisi). ).

Judul artikel-artikel itu sebenarnya hanya tipuan. Tak ada tulisan apa pun di dalamnya. Pembuat artikel-artikel itu, sepertinya, sengaja membidik netizen tipe sumbu pendek.dek. Cirinya, enggan membaca berita secara utuh serta mudahdah terhasut hanya dengan membaca sebuah judul tulisan. Karenarena itu, judul artikel-artikel tersebut sengaja dibuat hanya untukntuk di- share ke media sosial.

Salah satu tukang share artikel-artikel di atas adalah akun Facebookbo­ok Ustadz Abdul Somad (https://www.facebook.com/ustadz.abdul.bdul. somad.real). Tampaknya, itu hanyalah akun palsu yang mencomotom­ot nama orang. Sebab, isi fanpage tersebut seperti kebanyakan ulah peternak akun Facebook. Hanya minta like, komen, dan share.

Yang lucu lagi dari artikel-artikel hoax itu adalah foto pelengkapg­kap yang digunakan. Mereka mengunggah foto yang menggambar­kanarkan deretan kapal perang sedang berlayar. Berdasar penelusura­nan di Google Image, ternyata foto tersebut merupakan armada Ang-Angkatan Laut Jepang. Kapal paling depan tersebut bernama Kurama.ama. Foto diambil ketika ada kegiatan kemaritima­n di Jepang pada Oktober 2015. (gun/eko/c10/fat)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia