Jawa Pos

Kembali ke Motif Klasik

-

MOSKOW – Piala Dunia 2018 bakal kental dengan nuansa klasik. Setelah jersey dari beberapa timnas mengadopsi model terdahulu, giliran bola resmi yang kembali pada motif klasik.

Bola resmi Piala Dunia 2018 itu bernama Telstar 18. Bola tersebut kemarin resmi diperkenal­kan di Moskow. Bintang timnas Argentina Lionel Messi didaulat sebagai model sekaligus duta dalam perkenalan bola resmi yang didominasi warna hitam dan putih itu.

Ya, Telstar adalah bola pertama yang memperkena­lkan panel hitam. Bola tersebut pernah ikonik di edisi Piala Dunia 1970, tepatnya saat Brasil merebut gelar ketiga mereka. ’’Saya suka semuanya. Mulai desain hingga perpaduan warna,’’ ucap Messi kepada The Sun.

Meski klasik, Adidas sebagai produsen Telstar 18 tetap menyertaka­n teknologi mutakhir. Cip NFC tertanam dalam bola itu. Jadi, pemilik bola bisa berinterak­si dengan Telstar 18 via smartphone.

’’ Telstar pertama adalah bola yang paling ikonik sepanjang masa dan mengubah desain sepak bola selamanya sejak diperkenal­kan,’’ kata Direktur Kategori Sepak Bola Adidas Roland Rommler. ’’Membuat Telstar 18 dengan tetap setia pada model aslinya adalah tantangan yang sangat mengasyikk­an bagi kami,’’ imbuhnya.

Menurut dia, struktur panel dan penyertaan cip NFC dalam Telstar 18 adalah inovasi untuk tingkat yang lebih maju. ’’Selain itu, menawarkan pengalaman baru kepada konsumen dan pemain,’’ tuturnya. (io/c18/bas)

 ??  ??
 ?? MLADEN ANTONOV/AFP PHOTO ??
MLADEN ANTONOV/AFP PHOTO
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia