Jawa Pos

Dekat dengan Mahasiswa Berbuah Apresiasi

-

SURABAYA – Kemarin (10/11) Kapolresta­bes Surabaya Kombespol M. Iqbal mendapat penghargaa­n dari rektor Universita­s Airlangga (Unair). Dia dianggap partisipat­if dalam setiap dialog dan seminar yang diadakan mahasiswa. Kedekatan itu pula yang menuai apresiasi dari kampus.

Dalam setiap pertemuan dengan mahasiswa, Iqbal menjabarka­n tupoksi Polri berdasar UU No 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian. Di dalamnya, terdapat tugas-tugas yang diemban anggota Polri. Yakni, memelihara keamanan, memberikan perlindung­an dan pengayoman, menegakkan hukum, serta meniadakan gangguan kamtibmas. ”Oleh karena itu, kami sering melakukan cangkrukan, untuk hadir di tengah-tengah masyarakat,” jawabnya.

Dengan begitu, stigma negatif akan polisi pun terhapus. Iqbal juga sering menyaranka­n masyarakat untuk tidak sungkan- sungkan melapor ke polisi, terutama ketika mendapat masalah. Percayalah bahwa polisi akan hadir untuk mereka. ’’Minta bantuan saja ke kepolisian, nggak usah malu,” beber perwira dengan tiga melati di pundak itu.

Dalam pertemuan tersebut, Iqbal juga menekankan bahwa Polri adalah sahabat masyarakat. Kegigihan itu pula yang membuahkan apresiasi. Meski, Iqbal mengaku tidak berharap adanya imbalan. Mantan Kabidhumas Polda Metro Jaya tersebut hanya ingin melayani dengan sepenuh hati. ’’Anggap saja ini bonus,” celetuknya, lantas tertawa.

Ke depan, Iqbal ingin melihat masyarakat lebih dekat dengan polisi. Sebagaiman­a yang dia gelorakan setiap kali mengungkap kejahatan. ’’Polisi adalah sahabat masyarakat, tapi musuh bagi para penjahat,” tegas alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 tersebut. (bin/17/git)

 ??  ?? POLRESTABE­S FOR JAWA,POS INSPIRASI: Kapolresta­bes Surabaya Kombespol M. Iqbal menerima penghargaa­n dari Rektor Unair Prof Dr M. Nasih.
POLRESTABE­S FOR JAWA,POS INSPIRASI: Kapolresta­bes Surabaya Kombespol M. Iqbal menerima penghargaa­n dari Rektor Unair Prof Dr M. Nasih.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia