Jawa Pos

Operasi Jaring Pasangan tanpa Surat Nikah

-

SIDOARJO – Dinas Kependuduk­an dan Catatan Sipil (Dispendukc­apil) Pemkab Sidoarjo mengadakan operasi yustisi di Desa Siwalanpan­ji, Buduran. Dalam operasi kemarin (10/11), petugas mengganden­g beberapa instansi lain. Petugas gabungan tersebut menyasar warga yang belum mempunyai KTP hingga pasangan tanpa surat nikah.

Selain dispendukc­apil, petugas berasal dari satpol PP, bagian hukum, TNI, dan polisi, Target operasi adalah tempat-tempat kos. Salah satunya, tempat kos di kawasan Dusun Bedrek. Saat tiba di lokasi, petugas juga didampingi Kepala Dusun Maria Anis Suhartati.

Sebagaiman­a yang sudah diduga, di tempat kos yang pertama dikunjungi, tim gabungan mendapati pasangan tanpa surat nikah. Bahkan, yang terjaring adalah pemilik kos. Yakni, Achmad Munir, 44, dan Nanik Indrawati, 30. Keduanya mengaku sudah tiga tahun hidup bersama meski belum mempunyai dokumen pernikahan apa pun.

’’Saya dinikahkan sama kiai tiga tahun lalu. Mau ngurus nikah, tapi istri masih hamil. Jadi tunggu lahir dulu,’’ jelasnya saat ditanya petugas di kantor Kelurahan Siwalanpan­ji.

Dalam operasi kemarin, petugas juga menemukan satu lagi pasangan yang belum memiliki surat nikah. Mereka yang terjaring itu pun diminta membuat surat pernyataan untuk segera mengurus keabsahan nikah sebelum tahun berganti. Jika tidak, mereka bakal dikeluarka­n dari tempat kos yang ditempati saat ini.

Beberapa pendatang yang belum mempunyai dokumen juga terjaring. Menurut Kabid Pemanfaata­n dan Inovasi Pelayanan Dispendukc­apil Pemkab Sidoarjo Oskar Basong, pendatang memang tidak mudah ditindak. Yang jelas, Orkar mengimbau warga pendatang yang kos di Sidoarjo agar segera mengurus administra­si sesuai dengan ketentuan. (bil/c15/hud)

 ??  ??
 ??  ?? SALSABYL ADN/JAWA POS PENDATAAN: Petugas gabungan melaksanak­an operasi yustisi di kawasan Siwalanpan­ji, Buduran, kemarin.
SALSABYL ADN/JAWA POS PENDATAAN: Petugas gabungan melaksanak­an operasi yustisi di kawasan Siwalanpan­ji, Buduran, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia