Jawa Pos

Rian Johnson Kesayangan Bos Lucasfilm

-

LOS ANGELES – Fans masih dibuat berdebar menanti penayangan Star Wars: The Last Jedi pada 13 Desember mendatang. Trailer terakhir yang diluncurka­n bulan lalu begitu spektakule­r. Sutradara Rian Johnson pun menerima aplaus besar atas kerjanya. Dia kini jadi kesayangan Lucasfilm, studio yang memproduks­i saga film kreasi George Lucas itu.

Belum reda dengan euforia itu, pria 43 tahun penggarap film Looper (2012) tersebut diumumkan mendapat kepercayaa­n baru. Dia diminta menggarap film pertama trilogi keempat Star Wars. Di akun media sosialnya, anak perusahaan Disney tersebut mengunggah foto Johnson kemarin (10/11). ”Rian Johnson kembali ke galaksi yang amat, amat jauh...” bunyi tulisan dalam caption, ditambah dengan tautan ke situs Star Wars.

Presiden Lucasfilm Kathleen Kennedy menyebut bekerja sama dengan Johnson sebagai momen membanggak­an. ”Kami semua gembira. Dia adalah energi force kreatif. Rian akan melakukan hal menakjubka­n dengan kanvas putih trilogi terbaru itu,” paparnya.

Johnson dan rekan kolaborasi­nya, Ram Bergman, menyatakan beruntung terlibat dalam penggarapa­n film dengan fandom terbesar di dunia itu. ”Kami menikmati kolaborasi dengan Lucasfilm dan Disney di The Last Jedi. Star Wars adalah mitologi modern paling hebat. Kami tidak sabar untuk melanjutka­nnya dengan trilogi baru itu,” ungkap mereka dalam pernyataan bersama.

Penunjukan tersebut sebetulnya bisa ditebak. Proyek The Last Jedi yang dia garap jauh dari masalah. Nyaris tak ada drama saat produksi jika dibandingk­an dengan film trilogi maupun spin-off Star Wars lainnya. Di samping itu, Johnson dipuji habis-habisan oleh Kennedy.

Kennedy mengaku kehabisan kata-kata untuk mengungkap­kan kepiawaian lulusan University of Southern California itu. Johnson dianggap mampu menyampaik­an kisah Star Wars lewat gabungan tokoh baru dan lama. ”Rian sepertinya selalu ada di waktu yang baik setiap hari. Dia punya imajinasi yang luar biasa subur,” papar Kennedy seperti dikutip The Verge akhir bulan lalu.

Johnson juga kerasan bekerja sama dengan Lucasfilm. Maklum, dia sudah lama ngefans Star Wars. ”Ini merupakan pengalaman berharga buat saya, yang awalnya hanya fans tiba-tiba terlibat,” ucapnya kala diwawancar­a Yahoo!.

Trilogi baru ini tidak akan membahas keluarga Skywalker. Poin utamanya adalah memperkena­lkan karakter baru. Penjelasan di situs resmi film tersebut berbunyi, ”Dia bakal berasal dari sudut galaksi yang belum pernah diulas di kisah Star Wars terdahulu.” Belum ada kejelasan apakah Johnson akan membidani ketiga episode di trilogi tersebut atau hanya film pertamanya. ( fam/c11/ayi)

 ??  ?? Atomic MEMUASKAN: Rian Johnson mengaku sebagai fans berat Star Wars sejak lama. Foto kanan, dia mengarahka­n Carrie Fisher dalam Star Wars: The Last Jedi.
Atomic MEMUASKAN: Rian Johnson mengaku sebagai fans berat Star Wars sejak lama. Foto kanan, dia mengarahka­n Carrie Fisher dalam Star Wars: The Last Jedi.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia