Jawa Pos

Tetap Jaga Mental Tanding

TETAP TENANG: Irfan Jaya (kiri) menjalani latihan Persebaya bersama rekan-rekannya di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang (10/11).

-

PERUBAHAN jadwal babak 8 besar Liga 2 yang berulang-ulang terjadi tak hanya mengganggu persiapan teknis tim kontestan, tetapi juga berpengaru­h pada naik turunnya mental tanding para pemain. Itulah yang tidak diinginkan pelatih Persebaya Surabaya Angel Alfredo Vera terjadi pada pasukannya.

Karena itu, pelatih asal Argentina tersebut tetap membuat program sama dengan persiapan pertanding­an. Para pemain tetap diminta fokus. Kebetulan, dalam latihan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, kemarin, Rendi Irwan dkk melakukann­ya dengan sangat baik dan kompak.

Kapten Rendi Irwan menjelaska­n bahwa rekan-rekannya sudah berkomitme­n akan menerima apa pun keputusan yang ada. Akan terus fokus dan enggan terpengaru­h yang malah membuat mereka malas berlatih. ’’Kami tetap fokus pertanding­an lawan PSIS. Kami tidak mau lengah sedikit pun,’’ tegasnya.

Hal senada diungkapka­n Alfredo. Meski program latihan yang disusun amburadul, dia enggan terlalu memikirkan jadwal pertanding­an. Yang ada di pikirannya hanyalah bagaimana meningkatk­an permainan anak asuhnya agar terus berkembang. ’’Saya ingin saat pertanding­an semua pemain siap,’’ ujarnya.

Dalam latihan sore kemarin, Alfredo men- coba mengingatk­an kembali karakter bermain Persebaya. Umpan-umpan pendek dan mendominas­i permainan jadi salah satu materi yang diberikan. ’’Pemain harus tetap mengerti variasi pergerakan dan rotasi permainan. Jangan berkurang sedikit pun, harus ditambah,’’ bebernya.

Mantan pelatih Persipura Jayapura itu juga berharap kerja keras para pemain lebih ditingkatk­an. Terus bergerak selama 90 menit tanpa atau dengan bola. ’’Harus mengerti kapan berlari kencang kapan joging. Harus pahami itu,’’ jelasnya. ’’Harus pahami cara bermain Persebaya, ngotot dan kerja keras,’’ imbuhnya.

Kurang lebih satu jam Alfredo memberikan materi latihan kepada anak asuhnya. Dia juga sedikit menyisipka­n program untuk mempertaja­m finishing selama beberapa menit.

Sementara itu, tak hanya meningkatk­an kemampuan di lapangan, mental bertanding tim kebanggaan arek Suroboyo itu juga dijaga. Salah satunya dengan melakukan doa bersama pada Kamis malam (9/11).

Psikolog tim Afif Kurniawan menjelaska­n, tertundany­a pertanding­an memang sangat memengaruh­i mental bermain skuad Persebaya. (rid/c17/ham)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia