Jawa Pos

Terus Asah Penyelesai­an Akhir

-

PENYELESAI­AN akhir. Itulah problem yang dialami Persebaya Surabaya dalam tiga laga terakhir babak 16 besar Liga 2 lalu. Tidak ingin terulang pada babak 8 besar, pelatih Persebaya Angel Alfredo Vera memberikan materi khusus penyelesai­an akhir dalam latihan kemarin (11/11) di daerah Tambun Selatan, Bekasi.

Alfredo menjelaska­n, latihan kemarin merupakan puncak materi-materi yang diberikann­ya menjelang 8 besar. Puncak segala latihan keras yang diberikan kepada Rendi Irwan dkk. ”Kalau sudah menguasai variasi pergerakan dan rotasi, tinggal bagaimana kecerdasan pemain untuk cetak gol,” ucapnya.

Caranya, Alfredo memberikan beberapa situasi peluang dalam sebuah pertanding­an. Misalnya tendangan dari luar kotak penalti hingga man-toman menghadapi kiper. Pemain juga dituntut bisa mengombina­sikan cara mencetak gol dengan berbagai program latihan yang dipelajari selama ini.

Dalam latihan kemarin, pemain di- bagi menjadi tiga kelompok untuk bermain minigame separo lapangan. Nah, dalam permainan mini itu, Alfredo tidak segan memarahi anak asuhnya yang cenderung lamban saat membawa bola. Dia membatasi sentuhan di kaki agar bola terus mengalir ke depan gawang. ”Cepat tendang ke gawang, cepat berpikir. Kalau lama, bek lawan dan kiper bisa ambil,” teriaknya.

Menurut Alfredo, yang diberikan pada latihan kemarin hanyalah tahap awal. Ke depan, memanfaatk­an empat hari latihan terakhir menjelang melawan PSIS, program lebih detail bakal diberikan kepada Persebaya. ”Saya mau setiap dapat peluang harus gol. Jangan buang kesempatan sekecil apa pun,” tegasnya. ”Jadi, di setiap situasi, pemain harus mengerti bagaimana cetak gol,” sambungnya.

Kapten Rendi sependapat dengan pelatihnya. Dia menilai rekan-rekannya kurang tenangdala­mmelakukan­penyelesai­anakhir. ”Jadi, benar-benar harus diasah naluri cetak golnya,” tutur dia. (rid/c9/ham)

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? AGAR TAJAM: Pemain serbabisa Persebaya Kurniawan Karman berupaya melepas tembakan dalam hadangan kiper Miswar Saputra kemarin.
ANGGER BONDAN/JAWA POS AGAR TAJAM: Pemain serbabisa Persebaya Kurniawan Karman berupaya melepas tembakan dalam hadangan kiper Miswar Saputra kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia