Jawa Pos

Misi Makin Mustahil, Dovi!

Terjatuh, Marquez Tetap Terdepan

-

VALENCIA– Apa yang menimpa Marc Marquez sepanjang akhir pekan ini di Valencia membuat penggila MotoGP geleng-geleng kepala. Dua kali bintang Repsol Honda itu terjatuh. Namun, tetap saja dia mampu meraih untuk balapan di Sirkuit Ricardo Tormo hari ini Trans 7 20.00 WIB). Marquez terjatuh pada akhir sesi latihan bebas kedua ked (FP2) Jumat. Sang juara bertahan MotoGP kehilangan k cengkerama­n ban depan di tikungan tikunga 2. Akibatnya, motornya terseret ke luar l lintasan. Kondisinya baik-baik saja dan dengan d cepat bisa berdiri kembali. Motornya Mo pun tidak mengalami kerusakan ru parah. Itu kecelakaan ke-26 Marquez M sepanjang 2017. Insiden berikutnya terjadi pada sesi kualifikas­i kedua (Q2) tadi malam. Setelah kembali dari garasi di paro kedua sesi, pembalap 24 tahun tersebut melakukan lap ketiganya di Q2. Namun, saat meluncur memasuki tikungan 4, roda depannya kehilangan cengkerama­n. M Marquez tampak frustrasi dengan kec kecelakaan ke-27 yang menimpanya terse tersebut. Sempat terlihat juara dunia tiga ka kali MotoGP tersebut seperti akan menend menendang ban depan motornya saat kembali b berdiri dan menuju garasi. ’’Saya m marah ketika masuk pit dan saya berbicara dengan Santi (Hernandez), mekanik saya. Saya katakan kepadanya, saya tidak nyaman dengan sisi kanan ban depan saat di tikungan 4. Tetapi, saya tetap mencobanya dan terjatuh,’’ katanya setelah sesi kualifikas­i.

Pada lap kedua, berjuluk Baby Alien itu mampu menajamkan catatan waktunya menjadi 1 menit 29,897 detik. Dialah pertama dan satu-satunya yang mampu mendobrak tembok 1 menit 30 detik pada sesi kualifikas­i MotoGP Valencia 2017.

Posisi start terdepan sangat penting bagi Marquez. Dia bisa mengontrol balapan dengan posisi tersebut. ’’Saya hanya butuh menjaga mentalitas yang sama (dengan balapan sebelumnya) dan menjaga konsentras­i,’’ tambah Marquez.

Dari kubu rival, pembalap Ducati Andrea Dovizioso gagal menemukan performa terbaiknya di sesi kualifikas­i. Dia hanya bisa finis di posisi kesembilan dan akan start dari baris ketiga hari ini. Catatan waktu terbaiknya lebih lambat 1,064 detik dari pemegang

Misi Dovi bakal superberat hari ini. Dengan posisi start yang kurang ideal, Italia itu harus bertarung habis-habisan untuk memenangi balapan. Sebab, tanpa kemenangan di Valencia, gelar juara dunia sudah pasti menjadi jatah Marquez.

Situasinya lebih buruk karena rekan setimnya, Jorge Lorenzo, juga gagal mendapatka­n posisi start di baris depan. Upaya Lorenzo berburu terganjal gara-gara kecelakaan yang terjadi pada lap kedua.

Akhirnya, baris terdepan start akan diisi Marquez, Johann Zarco (Tech 3-Yamaha), dan Andrea Iannone (Suzuki Ecstar). Bagi Iannone, ini adalah start di baris depan pertamanya sejak MotoGP Qatar. Marquez sendiri hanya membutuhka­n finis di posisi sebelas besar untuk mengunci gelar juara 2017. Kalaupun dia akhirnya terjatuh dan tidak finis, kegagalan Dovi meraih kemenangan sudah cukup untuk mendatangk­an gelar juara dunia keempatnya. (cak/c4/nur)

 ??  ?? (live pukul pole position pole rider rider rider pole.
(live pukul pole position pole rider rider rider pole.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia