Jawa Pos

Menggambar Sketsa, Belajar Arsitektur

-

SURABAYA SU – Setiap bangunan pas pasti memiliki keunikan. Apalagi, ban bangunan bersejarah. Tak hanya lam lamanya berdiri, setiap detail da dan gayanya yang khas juga me mencermink­an siapa pembuatnya di masa m itu. S Salah satu bangunan bersejarah di Surabaya S adalah Perpustaka­an Ba Bank Indonesia di Jalan Mayangka kara. Gedung berarsitek­tur Be Belanda itu menjadi jujukan para mahasiswa untuk belajar membuat sketsa. Kegiatan yang digagas Himpunan Mahasiswa Jurusan Arsitektur UK Petra tersebut dimulai pukul 13.00 kemarin (11/11). ”Ada dua sesi, seminar dan praktik,” ujar Jennifer Natalia, mahasiswa semester III Jurusan Arsitektur UK Petra sekaligus koordinato­r kegiatan.

Event tahunan tersebut diadakan dengan tema yang berbeda. Tahun lalu, mereka memilih tema tempat ibadah. Tahun ini temanya adalah bangunan bersejarah.

Kegiatan tersebut diikuti 57 peserta. Mereka berasal dari UK Petra dan kampus lain. Bersama-sama mereka menggambar sketsa gedung Perpustaka­an BI sesuai materi yang telah disampaika­n Wahyu Sigit Crueng. Yakni, seorang pemilik uniqkudesi­gn sekaligus urban sketcher profesiona­l.

Para mahasiswa menyebar di berbagai sudut Perpustaka­an BI. Mahasiswa boleh mengambil gambar dari sudut mana pun yang menurut mereka paling bagus. Para peserta diberi waktu selama satu jam untuk menyelesai­kan gambar. Setelah itu, sketsa dikumpulka­n. ”Yang paling menarik akan di- review dan diberi bingkisan sebagai apresiasi,” kata Jennifer. (ant/c7/nda)

 ??  ?? CARI SUDUT MENARIK: Wahyu Sigit Crueng, urban sketcher profesiona­l, membuat sketsa gedung Perpustaka­an Bank Indonesia kemarin.
CARI SUDUT MENARIK: Wahyu Sigit Crueng, urban sketcher profesiona­l, membuat sketsa gedung Perpustaka­an Bank Indonesia kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia