Jawa Pos

NU Mulai Bangun Pusat Kajian Agama

-

SIDOARJO – Mimpi warga nahdliyin untuk memiliki pusat kajian agama Islam (Aswaja Center) bakal segera terwujud. Gedung itu dibangun di kawasan lingkar timur. Tepatnya, di sisi selatan kompleks pergudanga­n safe and lock. Saat ini lahan sudah siap.

Wakil Ketua PC Nahdlatul Ulama (PC NU) Sidoarjo Arly Fauzi menyatakan, gedung pusat kajian agama tersebut merupakan bagian dari Universita­s Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida). Konsepnya, kampus terintegra­si dengan gedung pusat kajian agama tersebut. ’’Unusida kan menjadi bagian dari PC NU Sidoarjo,’’ ujarnya.

Sebenarnya, ada 6 hektare lahan milik NU di kawasan tersebut. Dari luasan itu, 2 hektare diperuntuk­an pengembang­an kampus Unusida. ’’Lahan seluas 2 hektare tersebut akan kami bangun bertahap. Kami tidak berani menargetka­n. Yang jelas, prinsip kami akan terus melakukan pengembang­an sampai semuanya selesai,’’ ungkapnya.

Menurut dia, modal awal pembanguna­n gedung itu berasal dari ban- tuan Pemkab Sidoarjo. Tahun ini NU mendapat dana hibah di bidang pendidikan sebesar Rp 7,5 miliar. Tahun lalu NU juga mendapatka­n bantuan serupa untuk membangun kawasan tersebut. Nominalnya mencapai Rp 10 miliar. Namun, hanya Rp 2,3 miliar yang digunakan. Sisanya dikembalik­an ke pemkab.

Ke depan gedung tersebut bisa dimanfaatk­an oleh masyarakat umum. Misalnya, untuk memperdala­m dan mengkaji ilmu-ilmu agama yang rahmatan lil alamin (rahmat untuk seluruh alam). (jos/c20/hud)

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia