Jawa Pos

Pol PP Ancam Bongkar Warung Pangku

-

GRESIK – Semakin maraknya warung pangku dan peredaran miras membuat masyarakat dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Gresik resah. Polisi pamong praja (pol PP) menjawab keresahan itu dengan mengadakan operasi pada Jumat malam (10/11). Hasilnya, puluhan pramusaji, dua pasangan remaja mesum, dan ratusan botol minuman keras (miras) diamankan.

Operasi yang melibatkan Polisi Militer TNI, Garnisun, Sabhara Polres Gresik itu dimulai pukul 20.30. Sekitar 70 personel gabungan disebar di tiga titik, yakni Gresik, Kebomas, dan Manyar. Mereka menyisir warung-warung yang mempekerja­kan pramusaji perempuan berpakaian seksi untuk menemani tamu berkaraoke. Ada juga suguhan miras pabrikan.

Di warung pangku Jalan Notoprayit­no, Kebomas, aparat mendapati dua anak dipekerjak­an sebagai pramusaji. Dua anak berusia 16 dan 17 tahun itu berasal dari Tuban dan Kediri. Keduanya mengais rezeki sejak dua bulan lalu. Jalan Notoprayit­no kini menjadi tempat baru tumbuhnya warung pangku di Kota Pudak. Ada sekitar 15 warung yang berdiri di lahan milik perusahaan pelat merah tersebut. Warung ramai karena di sekitar lokasi terdapat pedagang kaki lima (PKL) jebolan Alun-Alun Gresik.

Kemudian, di Jalan Sunan Giri, aparat menemukan warung yang menyediaka­n miras jenis arak. Sementara itu, di Gresik Utara, tepatnya Kecamatan Manyar, petugas mengamanka­n 16 pramusaji dan puluhan miras.

”Ini tahap awal. Kami akan lebih sering melakukan operasi,” kata Kepala Dinas Pol PP Gresik Ahmad Nuruddin setelah memimpin razia. Dia meminta masyarakat untuk ikut membantu memberanta­s warung-warung pangku. ”Minimal memberikan informasi kepada penegak ak hukum,” imbuh mantan kepala Dinas as Perhubunga­n Gresik tersebut.

Nuruddin meminta pramusaji yang ng mayoritas warga luar Kota Giri itu segera ra insaf. Aparat penegak peraturan daerah ah (perda) juga mengkaji keberadaan an warung-warung. ”Bila menyalahi hi peruntukan dan tidak memiliki izin, giliran an warungnya yang akan kami bongkar,” r,” tegasnya. ( yad/c7/dio)

 ??  ?? RAZIA: Sekretaris Pol PP A.H. Sinaga (kiri) dan Ahmad Nuruddin (dua dari kiri) bersama aparat penegak hukum lain menunjukka­n hasil operasi gabungan yang digelar pada Jumat malam. Foto bawah, dua pramusaji bawah umur di warung pangku Jalan Notoprayit­no.
RAZIA: Sekretaris Pol PP A.H. Sinaga (kiri) dan Ahmad Nuruddin (dua dari kiri) bersama aparat penegak hukum lain menunjukka­n hasil operasi gabungan yang digelar pada Jumat malam. Foto bawah, dua pramusaji bawah umur di warung pangku Jalan Notoprayit­no.
 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS CHUSNUL CAHYADI/ JAWA POS ??
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS CHUSNUL CAHYADI/ JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia