Jawa Pos

Mimpi Buruk Italia di Swedia

-

SOLNA – Italia pernah gagal lolos ke Piala Dunia. Tepatnya 59 tahun silam. Nah, mimpi buruk itu kembali menghantui negara empat kali juara dunia tersebut. Itu terjadi setelah mereka dipecundan­gi Swedia 0-1 di Friends Arena, Solna, Sabtu dini hari kemarin WIB (11/11). Gol Jakob Johansson pada menit yang ke-61 jadi penentunya.

Gli Azzurri –julukan timnas Italia– memang belum tamat. Masih ada kesempatan pada

kedua di San Siro, Milan, Selasa dini hari nanti WIB (14/11). Syaratnya, Gianluigi Buffon dkk harus mampu membalikka­n defisit satu golnya. ”Di San Siro, kami membutuhka­n permainan layaknya Italia. Saya harap itu akan jadi Senin (Selasa WIB, Red) yang menyenangk­an,” ujar Buffon saat diwawancar­ai

”Apa pun warna kalian, datanglah ke San Siro dengan kebanggaan untuk Azzurri,” tambahnya. Gigi –sapaan akrab Gianluigi Buffon– layak waswas. Sebab, San Siro yang menjadi markas AC Milan bukanlah keberuntun­gan bagi timnas Italia. Sejak 2010, dari empat laga, hanya sekali Italia berhasil memenangi pertanding­an di San Siro. Perinciann­ya, 1 menang dan 3 kali seri.

Nah, kalau kali ini Italia kembali imbang, mereka harus menjadi penonton di Piala Dunia 2018. Untuk bisa lolos, Italia minimal harus menang dengan selisih dua gol. ”Hindari alibi gagal karena ketidakber­untungan, kami harus hadapi dengan kepala tegak,” tandasnya.

Namun, menilik statistik Italia di tangan Ventura, optimisme membuncah. Bersama Ventura, Italia punya rasio dua gol per laga saat bermain Meski, di balik rasio gol per laga itu, Italia tak 100 persen Dari lima laga kandang, Italia dua kali kebobolan. Hanya, bek kiri Matteo Darmian menyebutka­n bahwa kelemahan Italia dapat dilihat dari kemampuann­ya menjebol gawang lawan. Kemarin Italia gagal melakukan sekali pun tembakan ke gawang dalam 45 menit babak pertama. Itu adalah statistik terburuk sejak kekalahan 0-3 dari Spanyol pada 3 September lalu.

Ciro Immobile, Andrea Belotti, atau Eder yang dimainkan Ventura di posisi sembilan hanya mampu melakukan masing-masing satu tembakan. ”Ini belum menentukan apa pun. Masih ada kesempatan bagi kami untuk mengubahny­a,” tutur Ventura sebagaiman­a dilansir Dia menganggap masih ada celah pada Swedia. Bagaimana Swedia? Dilansir

kapten Andreas Granqvist mengungkap­kan bahwa Swedia akan berbeda pada

kedua. Mereka tidak lagi bermain agresif seperti pada laga kemarin. (ren/c16/bas)

 ?? KAI PFAFFENBAC­H/REUTERS ??
KAI PFAFFENBAC­H/REUTERS
 ??  ?? leg cato, leg playoff home. TMW Radio. Football Italia. venue clean sheet. Calciomer-
leg cato, leg playoff home. TMW Radio. Football Italia. venue clean sheet. Calciomer-
 ?? ANDERS WIKLUND/REUTERS ??
ANDERS WIKLUND/REUTERS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia