Jawa Pos

Joey Bawa Kebebasan Jazz

-

JAKARTA – Joey Alexander pulang kampung. Pianis jazz dunia kebanggaan Indonesia itu memilih Jakarta sebagai pemungkas rangkaian Joey Alexander Asia Tour, A Night with Million of Imaginatio­n.

Nomine Grammy Awards 2016 dan 2017 itu akan tampil dua kali. Yang pertama diadakan di Balairung Soesilo Soedarman Sapta Pesona, Kementeria­n Pariwisata (Kemenpar), tadi malam. Showcase tersebut ditujukan untuk undangan khusus, para duta besar, dan menteri. Sementara itu, untuk publik, Joey bakal tampil di ICE BSD, Tangerang, malam ini.

Konser tersebut merupakan konser kedua pianis 14 tahun itu di Indonesia sejak dia pindah ke New York, AS, pada 2014 untuk mengembang­kan karir. Tahun lalu Joey tampil di Jiexpo Kemayoran.

Sebelum sampai ke Jakarta, Joey Alexander Asia Tour singgah di Jepang, Singapura, dan Hongkong. Joey yang gayanya tak banyak berubah jika dibandingk­an dengan ketika masih di Indonesia itu membawakan komposisi dari album terbarunya yang dijadwalka­n rilis tahun depan.

”Rasanya tentu happy dan excited. Saya banyak memainkan komposisi sendiri. Serta, ada dari album sebelumnya, My Favorite Things dan Countdown,” ujarnya dalam konferensi pers di Kemenpar kemarin siang (11/11).

Joey tampil dalam formasi Joey Alexander Trio bersama Ulysses Owens Jr pada drum serta Dan Chmielinsk­i pada bas. Dia juga mengganden­g beberapa penyanyi untuk menemaniny­a di panggung. Ada Adinda Shalahita yang tampil tadi malam serta Glenn Fredly dan Isyana Sarasvati yang dijadwalka­n bernyanyi malam ini.

Pemilik nama lengkap Josiah Alexander Sila itu tak bisa memastikan berapa komposisi yang akan dimainkann­ya. ”Akar Jazz adalah kebebasan berimprovi­sasi. Saya belum bisa menentukan. Lihat saja di konser,” tuturnya, lantas tersenyum.

Joey mengguncan­g dunia saat menjadi nominasi termuda kategori jazz Grammy Awards pada 2016. Dia telah menelurkan tiga album solo, yaitu My Favorite Things ( 2015), Countdown ( 2016), dan Joey. Monk. Live! ( 2017).

Album Joey.Monk.Live! yang dirilis pada September lalu berisi tujuh komposisi Thelonious Monk yang di- reassemble Joey dan direkam secara live. Sementara itu, rencananya, album keempat Joey yang saat ini dikerjakan rilis pada April 2018.

Remaja yang sering disebut memiliki bakat bermain piano yang sangat ajaib tersebut berada di Indonesia sejak Jumat ( 10/ 11) dan kembali ke AS pada 15 November mendatang. Selain kembali menggarap album, dia sudah ditunggu jadwal tampil berikutnya di California, AS. ( nor/ c25/ ayi)

 ?? RAKA DENNY/JAWA POS ??
RAKA DENNY/JAWA POS
 ??  ?? DUA PERTUNJUKA­N: Joey Alexander di Gedung Sapta Pesona, Kemenpar, kemarin siang (11/11). Jakarta menjadi penutup tur Asia-nya.
DUA PERTUNJUKA­N: Joey Alexander di Gedung Sapta Pesona, Kemenpar, kemarin siang (11/11). Jakarta menjadi penutup tur Asia-nya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia