Jawa Pos

Uji Cobakan Jalur Baru yang Aman

-

– Pemkab Kediri berharap insiden tersesatny­a sembilan pendaki tak menyurutka­n potensi Gunung Kelud sebagai wisata pendakian. Karena itu, selain menutup beberapa jalur pendakian yang berbahaya, pemkab berusaha menggantin­ya dengan jalur pendakian yang aman.

Sebagai pengelola wisata Kelud, pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kediri mulai mencari cara untuk merumuskan hal tersebut. Termasuk berkonsult­asi dengan pendaki profesiona­l buat menentukan jalur yang aman untuk dijadikan area pendakian.

’’Kalau lewat Gandusari, Blitar, kita tahu sendiri beratnya jalur itu. Makanya, kini pihak Perhutani Blitar juga menutup rute tersebut setelah

insiden terjadi,’’ KEDIRI terang Plt Kepala Disbudpar Kabupaten Kediri Adi Suwignyo kemarin.

Sampai saat ini, pihak disbudpar belum menetapkan jalur aman itu. Upaya mencari jalur baru menuju kawah Kelud masih terus dilakukan.

Yang pasti, terang Suwignyo, jalur baru tersebut harus meminimalk­an potensi pendaki tersesat. Juga tidak melewati dinding Gunung Sumbing yang memang curam dengan jalur setapak yang sempit.

Suwignyo mengakui, potensi Gunung Kelud sebagai wisata pendakian amat menarik. Karena itulah, pihaknya tetap memanfaatk­an potensi tersebut. Khususnya mewadahi komunitas-komunitas pendaki yang penasaran dengan alam Gunung Kelud.

Karena itulah, disbudpar akan menetapkan jalur pendakian yang aman dengan

menarik. Yakni, yang memiliki pe- mandangan eksotis, terutama pemandanga­n ke kawah Kelud. ’’Rencana tetap ada, cari peluang kawah dari atas. Tentu jalurnya harus aman,’’ ungkapnya.

Selain berkonsult­asi dengan pendaki profesiona­l, disbudpar terus berkoordin­asi dengan Perhutani. Dalam menetapkan jalur baru tersebut, disbudpar melibatkan Perhutani. Sebab, bagaimanap­un Perhutani adalah pihak yang paling memahami area itu.

Sebelum rute tersebut ditemukan, Suwignyo berharap wisatawan biasa maupun para pencinta alam tak nekat melakukan pendakian dengan rute sendiri. Mereka harus melintasi jalur yang ditetapkan disbudpar bila ingin melihat pemandanga­n ke kawah. Yaitu, jalur wisata dari gerbang utama di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar. (fiz/fud/c22/diq) view

 ??  ?? EKSOTIS: Danau kawah Gunung Kelud setelah erupsi 2014 saat difoto dari udara. Danau kawah ini menjadi daya tarik besar bagi para wisatawan. view M. ARIF HANAFI/JAWA POS RADAR KEDIRI
EKSOTIS: Danau kawah Gunung Kelud setelah erupsi 2014 saat difoto dari udara. Danau kawah ini menjadi daya tarik besar bagi para wisatawan. view M. ARIF HANAFI/JAWA POS RADAR KEDIRI

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia