Jawa Pos

Bandara Supadio Lumpuh

Landasan Pacu Terendam Air

-

PONTIANAK – Tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya dalam dua hari terakhir membuat runway atau landasan pacu Bandara Internasio­nal Supadio Pontianak terendam kemarin (12/11). Setidaknya 20 jadwal penerbanga­n dibatalkan. Dampaknya, ribuan penumpang pun telantar.

Andrew Yuen, salah satunya. Pria yang rencananya mengikuti rakornas partai di Jakarta itu terpaksa mengurungk­an niatnya. Dia yang semestinya berangkat menggunaka­n pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbanga­n GA 503 tujuan Jakarta terpaksa dibatalkan.

’’Saya di sini (Bandara Supadio) sejak subuh karena jadwal pesawat saya memang pagi. Tapi, ternyata pukul 07.00 WIB terjadi hujan deras dan landasan pesawat terendam. Awalnya, penerbanga­n yang dijadwalka­n kembali pukul 12.30 dan sekarang dibatalkan dengan alasan faktor cuaca,’’ katanya saat ditemui Pontianak Post ( Jawa Pos Group).

Selain Yuen, ada Winky Wiryawan atau yang akrab disapa DJ Winky. Artis ibu kota itu sedianya naik Garuda Indonesia tujuan Jakarta. Namun, karena alasan cuaca, penerbanga­nnya pun dibatalkan. ’’ Ya mau gimana lagi. Masalahnya kan ada di runway,’’ katanya.

Sementara itu, General Manajer PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara Internasio­nal Supadio Pontianak Bayuh Iswantoro menyampaik­an permohonan maaf kepada masyarakat, khususnya pengguna jasa transporta­si udara di Bandara Supadio.

Menurut Bayuh, sejak pukul 05.30 pihak bandara menginspek­si landasan sebelum dioperasik­an. Kemudian, pukul 05.35 ada informasi bahwa landasan tergenang. ’’Posisinya di tepi, STA 1.500–1.750 dengan ketinggian air 1–1,5 cm,’’ tegasnya.

Meski ketinggian air hanya 1,5 cm, lanjut Bayuh, kondisi itu sangat berpengaru­h bagi dunia penerbanga­n. ’’Kondisi ini merupakan fenomena kali pertama yang kami alami. Runway sampai tergenang air,’’ katanya.

Karena itu, pihaknya harus melakukan berbagai upaya untuk mengurangi dampak yang lebih parah. Antara lain, menormalis­asi saluran air di Gertak Kuning dan Parit Keramat, menyedot air untuk mengurangi debit air yang menggenang­i runway, serta melakukan penggalian untuk pembuatan tanggul. Tanggul itu diharapkan bisa menahan posisi air yang akan menggenang­i daerah landasan.

’’Sekarang posisi air yang menggenang­i landasan mulai surut. Ini fenomena kali pertama sejak 2013. Sebab, pada 2013 landasan pernah terendam, tapi tidak separah ini,’’ paparnya.

Akibat peristiwa itu, setidaknya ada 20 jadwal penerbanga­n yang dibatalkan maupun ditunda. Baik Garuda Indonesia, Express Air, Lion Air, Sri Wijaya, maupun Nam Air.

’’Info dari maskapai ada sekitar 20 yang dibatalkan. Lion ada sembilan penerbanga­n, Express dua penerbanga­n, Garuda lima penerbanga­n, Nam Air tiga penerbanga­n, dan Sriwijaya satu penerbanga­n,’’ tuturnya.

Ketika disinggung soal kerugian yang dialami akibat insiden tersebut, Bayuh enggan berkomenta­r. ’’Untuk kerugian, pihak kami belum menghitung.’’

Ditemui secara terpisah, prakirawan BMKG Dasmian Sulviani mengungkap­kan, sejak dua hari terakhir wilayah Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya diguyur hujan dengan intensitas sedang dan tinggi. Dia juga memperkira­kan potensi atau peluang hujan pada tiga hari mendatang. ’’Masih ada peluang hujan lebat. Sepanjang 12-13 November 2017 ada potensi hujan lebat dengan disertai angin kencang dan petir,’’ ungkapnya. (arf/c15/ami)

 ?? BPBD KALBAR FOR PONTIANAK POST/JPG ?? ATASI GENANGAN: Hingga tadi malam landasan pacu Bandara Internasio­nal Supadio, Pontianak, masih terendam. Petugas harus kerja keras menyedot air agar penerbanga­n normal kembali.
BPBD KALBAR FOR PONTIANAK POST/JPG ATASI GENANGAN: Hingga tadi malam landasan pacu Bandara Internasio­nal Supadio, Pontianak, masih terendam. Petugas harus kerja keras menyedot air agar penerbanga­n normal kembali.
 ?? HARYADI/PONTIANAKP­OST/JPG ?? BATAL TERBANG: Penumpang di Bandara Internasio­nal Supadio, Pontianak, kemarin (12/11) tak bisa berangkat karena penerbanga­n dibatalkan akibat landasan pacu tergenang air.
HARYADI/PONTIANAKP­OST/JPG BATAL TERBANG: Penumpang di Bandara Internasio­nal Supadio, Pontianak, kemarin (12/11) tak bisa berangkat karena penerbanga­n dibatalkan akibat landasan pacu tergenang air.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia