Jawa Pos

Dorong Manfaatkan Jalur Digital

-

SURABAYA – Jalur pemasaran secara digital menjadi alternatif strategi para pengusaha muda masa kini. Tidak hanya untuk jual beli, cara tersebut juga dipakai untuk memberikan informasi kepada konsumen.

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Surabaya Kuswana Mandiri S. menyatakan, berdasar kajian internal, tren bisnis secara umum menurun. Namun, kondisi tersebut tidak terjadi pada pebisnis yang mengandalk­an jalur digital. ’’Selain penurunan, secara nyata ada pergeseran cara belanja. Untuk mengetahui produk tidak lagi datang ke toko, tapi cukup browsing melalui ponsel,’’ ujarnya kemarin (12/11).

Dengan demikian, digital tidak dikaitkan dengan jual beli produk saja. Tetapi bisa memberikan informasi kepada konsumen. Pertimbang­an itulah yang mendorong HIPMI Surabaya melangsung­kan seminar tentang berbisnis di era digital. Tujuannya, menyiapkan para entreprene­ur muda dalam menghadapi era digital yang kian berkembang.

’’Jadi, selain teknis berjualan secara online, kami datangkan pembicara untuk mengubah mindset bahwa digital tidak melulu soal jualan. Engage pada customer juga perlu,’’ papar Kuswana.

Seminar tersebut juga ber tujuan mengenalka­n HIPMI. Sebab, se bagian besar peserta adalah masyarakat umum. ’’ Targetnya, pe la ku bisnis muda lebih kenal HIPMI dan ingin bergabung. Lagi pula, kami juga ada program lanjutan untuk anggota,’’ jelasnya.

Anggota HIPMI Surabaya kini berjumlah 380 orang. Selain anggota reguler, para mahasiswa turut dirangkul melalui HIPMI perguruan tinggi (PT) yang jumlahnya sekitar 400 orang. ’’Makin banyak anggota, networking lebih bagus,’’ tegasnya. Sektor usaha para pengusaha muda itu beragam. Mulai ritel, kuliner, online shop, hingga konstruksi.

Ketua HIPMI Jatim Giri Bayu Kusumah menambahka­n, peluang untuk mengembang­kan bisnis melalui digital masih terbuka lebar. ’’Tidak memandang umur dan modal, tapi banyak yang berhasil. Peluang dan kesempatan masih banyak,’’ paparnya.

Sejalan dengan peluang itu, potensi munculnya entreprene­ur baru juga besar.( res/c15/fal)

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? BERBAGI ILMU: Dewa Eka Prayoga, digital marketer, memberikan materi mengenai berbisnis pada era digital kemarin.
FRIZAL/JAWA POS BERBAGI ILMU: Dewa Eka Prayoga, digital marketer, memberikan materi mengenai berbisnis pada era digital kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia